428 Views

Peran Orangtua dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak

Menumbuhkan Minat baca pada anak tentu sangat ditentukan oleh bagaimana orangtua mendidiknya dalam membiasakan diri untuk membaca. Anak akan menjadi terbiasa membaca buku ketika orang tuanya juga memiliki kebiasaan yang sama yaitu membaca buku. Saat anak banyak membaca, mereka akan memiliki dan mempelajari sebuah ilmu baru yang tentunya berasal dari sebuah buku. Beberapa cara ini juga dapat digunakan untuk menumbuhkan Minat baca pada anak.

peran orangtua dalam menumbuhkan minat baca anak

Cara Menumbuhkan Minat Baca

Beberapa cara dapat digunakan dalam menumbuhkan Minat baca pada anak. Dan para orangtua juga sebaiknya dapat mengetahui beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini :

1.     Buku Bergambar

Buku cerita bergambar lebih menarik pada anak dan memulainya dengan buku bergambar ini merupakan satu langkah yang sangat baik. Gambar yang ada di dalam buku dapat membuat anak menikmati buku dan secara tidak langsung anak juga akan membaca cerita yang ada. Dapat juga dengan cara membacakannya kepada sebelum tidur, selain dapat menumbuhkan Minat baca juga dapat menjadikan semakin dekat dengan anak.

2.     Memberikan Pertanyaan

Ketika anak selesai membaca buku, orangtua sebaiknya memberikan sebuah pertanyaan dari apa yang sudah dibaca. Hal ini akan membuat anak mengingat lagi apa yang sudah dibaca sebelumnya. Secara tidak langsung juga menjadikan anak untuk melatih daya ingatnya. Kebiasaan membaca juga nantinya akan tumbuh secara sendirinya dan menjadikan anak akan memiliki Minat baca yang tinggi.

3.     Memeluk Anak

Memeluk akan menjadi sebuah kebiasaan yang membuat anak merasa lebih tenang dan nyaman. Cara ini membuat anak lebih terserap dan lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh orang tua. Memberikan sebuah pelukan ketika sedang membacakan sebuah buku juga dapat dilakukan agar dapat menjadikan informasi yang ada di dalam buku menjadi terserap dengan baik.

4.     Tidak Terlalu Cepat

Hindari terlalu cepat menerangkan atau membacakan sebuah buku, karena anak juga perlu mencerna sebuah kalimat yang didengarkannya. Tanyalah kembali apakah sudah memahami isi dari sebuah bacaan juga dapat dilakukan. Agar nantinya anak dapat menjadi lebih paham dan menjelaskannya dengan baik.

5.     Tidak Menutup Buku Secara Langsung

Ketika selesai membaca buku, jangan langsung menutup buku. Sebaiknya melihat kembali apa yang ada di dalam buku dan sebagai orangtua juga dapat menerangkan tentang kesan dan pesan dari sebuah bacaan. Apabila menutup sebuah buku ketika selesai membaca akan mengakhiri kegiatan membaca.

6.     Berpendapat

Biarkan anak memberikan pendapat apa saja yang sedang terjadi atau sedang ada di dalam keseharian yang sudah di alami. Dengan begitu akan menjadikan respon dari anak menjadi lebih baik dan dapat menunjukkan ketertarikan dalam sesuatu.

Pentingnya Peran Orangtua

Peran orangtua tentu sangat penting sekali dalam menumbuhkan Minat baca pada anak. Karena orangtua juga harus mengontrol tentang informasi apa saja yang masuk. Baik yang didengar ataupun dilihat. Semua itu tentu perlu diawasi dan orangtua memang harus melakukannya. Agar informasi yang masuk dapat terseleksi dengan baik.

Buku adalah salah satu yang harus ditularkan untuk dibaca kepada anak. Manfaat yang didapatkan dari membaca juga nantinya bisa diperoleh. Selain dapat menjadikan anak memiliki sikap disiplin yang tinggi, juga dapat mempelajari sikap yang baik dalam melakukan kebiasaan sehari-hari dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang didapatkan dari sebuah buku bacaan. (Cw/Ern)