60 Views

3 Kesalahan Ayah Bunda Saat Mendisiplinkan Anak

Disiplin
Disiplin bukan berarti memarahi anak secara berlebihan, namun memberikan nasihat dengan kasih sayang.

Setiap orangtua ingin anaknya disiplin sehingga mulai mendidiknya sejak usia dini. Namun tanpa sadar kita justru melakukan kesalahan saat mendidik anak disiplin. Berikut ini 3 kesalahan Ayah bunda saat mendisiplinkan anak yang perlu kita ketahui:

1. Memberikan Hukuman yang Berlebihan

Saat anak tidak mengikuti arahan kita atau melanggar kesepakatan yang sudah disepakati dengan konsekuensi yang ada. Kita juga harus memberikan hukuman yang masuk akal dan konsekuensi yang dapat diterima oleh anak, hukuman yang buruk akan membuat anak frustasi. Berikan konsekuensi atau hukuman yang bisa membuat anak belajar dan jera. Jangan biarkan hukuman fisik terjadi pada anak karena anak akan trauma hingga ia dewasa nanti.

2. Orangtua Tidak Tegas

Terkadang kita merasa tidak tega dan hanya memberikan nasihat saat anak berperilaku tidak baik, tidak ada konsekuensi atas kesalahannya dan anak akan terus melakukan kesalahan. Hal ini karena orangtua terlalu baik kepada anak dan anak menjadi keasyikan karena sering dibela. Kita harus cukup tegas karena ada waktunya anak harus memahami kesalahan dan menerima konsekuensi yang telah disepakati bersama.

3. Fokus pada Kesalahan Anak

Disiplin bukanlah sekadar menetapkan aturan yang harus diikuti, tetapi juga kita wajib membuat anak merasa aman dan menolongnya tumbuh menjadi anak yang baik. Saat anak tidak bisa mematuhi peraturan maka hubungan kita dengan sang buat hati menjadi sulit apalagi yang kita lakukan hanya memarahi anak atas kesalahannya, jangan hanya berfokus pada kesalahan anak, tetapi di saat anak dapat mengikuti aturan dengan baik cobalah untuk memujinya atau sesekali berikan hadiah untuk menyenangkannya. (Ern)