63 Views

3 Manfaat Membaca Buku Bersama Anak

Membaca Buku

Ayah bunda, ternyata banyak manfaat membaca buku bersama anak.  Apa sajakah itu?  Berikut ini 3 manfaat membaca buku bersama anak :

Keterampilan Komunikasi yang Baik

Saat kita membaca buku bersama anak, secara tidak sadar mengajarkan mereka susunan kata yang baik. Bagaimana membuat kata yang baik dan benar. Semua ini tidak terlepas dari interaksi antar tokoh yang dibaca. Tanda bahwa anak memiliki komunikasi yang baik adalah saat ia bisa menyampaikan keinginannya dengan kalimat yang baik.

Menguasai Kosakata

Membaca buku juga memberikan kesempatan yang baik untuk anak mendengarkan kata-kata baru yang belum pernah mereka dengar. Ini adalah cara mudah dan menyenangkan yang bisa kita berikan kepada anak dan akan membantunya belajar lebih cepat. Selain pembendaharaan kata yang semakin bagus, kosakata juga akan membantu mereka lebih mudah untuk memahami pelajaran yang akan diajarkan di sekolah nantinya.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anak prasekolah yang mendapatkan waktu membaca buku bersama orangtua, lebih mampu melakukan semua aspek dari pendidikan formal. Ini semua tidak terlepas dari pemahaman kosa kata yang mereka dapatkan saat membaca buku bersama orangtua.

Mengetahui Dasar-dasar Membaca

Anak tidak dilahirkan dengan pemahaman bahwa membaca itu selalu diawali dari kanan ke kiri, mengapa gambar terpisah dari huruf. Tapi semua pengetahuan ini didapatkan dari hasil pembelajaran. Anak akan mengetahui bagaimana cara membaca buku yang benar meskipun mereka belum bisa membaca buku.

Nah ini masa anak usia dini bimbinglah anak untuk membaca bersama dan berikan pemahaman bahwa membaca buku adalah suatu hal yang menyenangkan. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)