27 Views

3 Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak di Rumah

Minat Baca

Tahukah Ayah bunda, saat kita memiliki anak usia dini, terutama usia 3-6 tahun, menumbuhkan minat baca pada anak sangat baik untuk perkembangan daya ingat maupun kreatifitasnya. Hal ini karena pada umumnya anak usia 3-6 tahun belum terbentuk karakternya, jika terus ditanamkan karakter Minat belajar mereka akan tumbuh menjadi seorang pembelajar.

Kita juga bisa membantu anak di rumah asalkan menyenangkan anak pasti akan terus mengikuti, Nah kegiatan di rumah ini bisa diterapkan oleh kita lho. Berikut ini adalah tips untuk para orangtua menumbuhkan Minat baca anak di rumah:

1. Berikan Contoh yang Baik

Ada baiknya Anda sebagai orangtuanya juga menjadikan membaca sebagai rutinitas. Apabila anak sering melihat orangtuanya membaca buku, sangat mungkin anak akan menirunya. Terlebih, saat Anda membaca buku anak-anak, bisa menceritakan kepadanya bahwa buku yang tengah Anda baca sangat seru. Anak pun akan penasaran untuk membacanya.

2. Mendongeng

Anak usia dini memiliki kemampuan membaca yang masih minim. Orangtua bisa membiasakan diri untuk membacakan cerita atau dongeng kepadanya. Saat mendengar cerita yang Anda baca, tak jarang ia mengenal kosakata baru, nilai-nilai baru, dan pengetahuan baru lainnya. Gaya mendongeng yang menarik akan membuat imajinasi anak bekerja.

3. Jangan Paksa Anak

Menumbuhkan minat baca anak bukan berarti memaksa anak untuk mengikuti apa kata orangtua, yakni harus banyak membaca di waktu senggangnya. Usia anak-anak masih suka bermain dan beraktivitas di luar rumah bersama teman-temannya. Saat anak dipaksa, akan timbul tekanan pada dirinya sehingga anak justru semakin membenci kegiatan membaca.