This post is popular. 502 Views

4 Kata Ajaib yang Perlu Diajarkan Kepada Anak

4 kata ajaib
[parentinganak.com]
Dari ratusan ribu kata-kata yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita, ada kata-kata yang tidak boleh terlewat. Kata tersebut biasanya disebut dengan kata ajaib. Kata sederhana tersebut akan mengajarkan anak beretika dengan baik, mulai dari hal sederhana yaitu dengan berkata maaf, permisi, tolong dan terima kasih.

Empat kata tersebut memiliki dampak positif untuk perkembangan mental anak kita, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan orang lain dengan baik dan nyaman. Berikut ini ulasannya satu per satu:

1. MAAF

Kata maaf merupakan salah satu kata ajaib, sebab kata ini dapat mengajarkan kepada anak untuk melatih keberanian untuk mau mengakui kesalahannya. Biasakan buah hati kita untuk mengatakan maaf, anak akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang sudah dia lakukan. Maaf tidak menunjukkan diri seseorang lemah atau kalah, terkadang ia memiliki arti untuk menghargai orang lain dan membawa kedamaian dalam diri kita sendiri.

Sebagai orang tua kita terlebih dahulu harus memberikan contoh pada anak, jika tidak dibiasakan sejak dini, maka suatu saat anak enggan mengakui kesalahannya padahal tanpa sadar telah menyakiti perasaan orang lain. Ayah bunda pada dasarnya setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, maka dari itu ungkapan maaf yang tulus perlu diajarkan sejak dini.

2. PERMISI

Biasakan buah hati untuk mengatakan ini permisi apabila ingin melakukan sesuatu yang menyela atau mengganggu orang lain. Misalnya saja, kita ingin melewati rombongan orang tua, tidak sengaja melompati seseorang, meminta jalan di supermarket, atau tersesat dijalan, maka kita biasakan untuk mengucapkan permisi pada saat-saat yang tepat.

3. TOLONG

Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak lepas dari bantuan orang lain. Ayo biasakan anak kita untuk mengucapkan kata ‘Tolong’ sebelum meminta bantuan orang lain. Tanpa diawali kata tolong, kita seolah-olah menyuruh orang lain. Padahal, kata tolong ini mengandung kekuatan yang dasyat untuk mengubah pendirian orang lain.

Sering kali kita lupa memberi contoh yang baik dengan memberi perintah kepada anaknya tanpa menggunakan kata tolong, padahal kata tolong termasuk bentuk penghargaan terhadap orang lain. Dengan memberi perintah kepada anak menggunakan kata tolong diawal setiap kalimat akan jelas memberikan efek psikologis berbeda jika dibandingkan dengan perintah tanpa kata Tolong.

Sebagai contoh seperti kalimat “Ambilkan minum ya,” dengan “Tolong, ambilkan minum ya.” Nah, jelas kan perbedaannya, maka dari itu kita tua perlu membiasakan menggunakan kata tolong saat meminta bantuan kepada orang lain, dengan kebiasaan ini maka anak akan belajar menghargai bantuan dari orang lain.

4. TERIMA KASIH

Ayah bunda, yuk biasakan buah hati untuk berterima kasih setelah menerima bantuan dari orang lain. Ucapan terima kasih tidak saat anak mendapatkan barang atau materi, namun di saat mereka mendapatkan pertolongan dari orang lain pun anak harus belajar untuk menghargainya. Begitupun saat mendapat pujian atau apapun yang dapat memberi rasa senang atau nyaman hati terhadap diri kita. Mengucap Terimakasih dapat diartikan sebagai rasa syukur terhadap apa yang telah diperoleh.

Jadi, sudah tahu kan betapa pentingnya mengajarkan 4 kata ajaib tersebut kepada anak. Ayo kita bisa memulainya dari sekarang sebelum terlambat. Namun, harus diingat berikan pemahaman yang baik pada anak dengan tidak memaksa mereka. Biasakan terlebih dahulu dan jangan bosan untuk selalu berkata 4 kata tersebut kepada anak pada saat yang tepat. Terlebih untuk anak yang masih di usia dini, itu bukan hanya sekadar mengajarkan kesopanan tetapi juga belajar mengembangkan verbalnya, bertambah kosakata positif yang bisa dipakai oleh anak seumur hidupnya. (Ern)

 

Tinggalkan Balasan