8 Views

4 Tips Ampuh Agar Anak Gemar Membaca

membaca

Ayah bunda, kunci utama supaya anak-anak suka membaca adalah membuat kegiatan tersebut menyenangkan. Jadikan aktivitas membaca menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Selanjutnya, sisipkan pesan-pesan tersembunyi untuk memotivasi mereka agar terus membaca.

Jika kita menyalahgunakan dan menyepelekan hal-hal tersebut, maka justru akan menciptakan keengganan terhadap buku. Akhirnya, anak akan melampiaskannya pada kegiatan lain yang membuat mereka senang selain membaca. Nah, tips berikut ini akan membantu kita agar buah hati Anda gemar membaca.

1.       Bertahap

Meskipun kita punya segudang rencana untuk mencerdaskan buah hati kita, sebaiknya berikan secara bertahap dan pelan-pelan. Jangan sampai memberikan materi yang tidak sesuai dengan usianya. Pada tahap awal, lebih baik berikan anak-anak sesuatu yang membuat mereka penasaran dan senang.

2.       Berikan bacaan pendek

Jangan berharap anak jatuh cinta dengan buku ekstra tebal. Hindari memaksakan mereka membaca buku yang serba berat. Tawarkan buku-buku kecil dan menarik yang mengandung banyak gambar. Silahkan beburu buku ke toko buku dan carilah buku bacaan yang sesuai dengan usia mereka.

3.       Ikut serta membaca bersama

Cara terbaik untuk meningkatkan ketertarikan anak Anda dalam membaca adalah dengan berpartisipasi dengan mereka, itu akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi kita maupun sang buah hati.

4.       Jangan menghukum dan memaksa

Sangat diajurkan untuk tidak menghukum atau memaksa mereka untuk membaca. Hal itu justru membuat mereka kapok dan muak terhadap buku. Padahal, buku tidak pernah salah, yang salah adalah sikap kita yang terlalu memaksakan sehingga anak-anak menjadi membenci buku. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)