11 Views

5 Cara Bantu Anak Menyukai Membaca

membaca

Ayah bunda apakah kalian gemar membaca dan menghabiskan beberapa buku setiap hari. Sementara anak kita tidak peduli, malah memilih untuk bermain atau menonton televisi ketimbang mengambil sebuah buku. Membaca akan memberikan banyak manfaat, mulai dari membangkitkan daya imajinasi hingga efek mengurangi stres.

Agar anak-anak mau membaca dan menikmatinya merupakan salah satu tantangan yang lumayan sulit dihadapi oleh para orangtua. Berikut ini adalah lima cara untuk membantu agar anak menyukai membaca:

1.      Mulailah sejak dini

Anak Kita cenderung gemar membaca bila kita mulai membacakan kepadanya pada usia yang sangat muda. Tidak pernah terlalu dini untuk mulai membaca, bahkan saat mereka masih bayi, anak-anak yang dibacakan cerita oleh orangtuanya memperoleh manfaat besar.

2.     Berilah teladan

Jika anak melihat kita membaca di waktu-waktu luang, mereka cenderung untuk membaca sendiri. Bicarakanlah mengenai buku yang sedang kita baca serta hal apa yang menarik dari buku-buku itu.

3.     Membacalah bersama-sama

mereka mengerti bahwa mereka mendapatkan lebih banyak waktu ayah dan ibu melalui membaca, mereka akan mengembangkan kegemaran akan kegiatan tersebut yang dapat menjadi sumber motivasi yang kuat.

4.      Bantulah anak-anak memilih buku yang mereka minati

Membaca hendaknya menjadi pilihan bukan paksaan. Biarlah Minat mereka menjadi pembimbing mereka. Sediakanlah kepadanya bahan-bahan bacaan dengan pokok bahasan yang bervariasi yang dia minati. Lebih baik lagi, bantulah dia memilih buku-buku yang berisikan tokoh-tokoh yang sesuai usianya.

5.     Sisihkan waktu untuk membaca

Khususkanlah sejumlah waktu tertentu bagi anak untuk membaca setiap hari. Setelah beberapa minggu membaca secara konsisten, maka itu akan menjadi kebiasaan. (Ern)

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache