200 Views

5 Faktor Penyebab Penghambat Minat Baca

minat baca

Terdapat sebuah fakta yang menyebutkan bahwa sebuah negara dapat disebut maju apabila masyarakatnya memiliki Minat baca yang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah buku yang diterbitkan dan jumlah perpustakaan yang ada di Negara tersebut. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia sendiri sebenarnya jumlah beberapa buku dengan jenis koran dan majalah yang diterbitkan sudah mengalami peningkatan. Namun, Minat baca penduduk kita pun hanya terletak pada dua jenis buku tersebut saja.

Hal ini membuat Minat baca masyarakat Indonesia masih dikatakan rendah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut ini terdapat beberapa faktor penyebab penghambat Minat baca yang wajib kita ketahui agar kita dapat menumbuhkan Minat baca pada anak sejak dini.

1. Sistem Pembelajaran

Sekolah adalah institusi yang paling berdekatan dengan anak dan tentu saja sangat terkait dengan sistem pembelajaran yang diterapkan. Sayangnya, sistem pembelajaran di Indonesia saat ini belum membuat siswa atau mahasiswanya mengharuskan membaca buku lebih banyak dari buku yang digunakan di sekolah. Hal ini lah yang dapat membuat Minat baca anak terpaksa berkurang.

2. Banyaknya Hiburan dan Permainan yang Lebih Menarik

Sebagai orangtua kita pasti tahu bahwa seringkali anak lebih tertarik untuk melihat acara seru di televisi atau mencari hiburan dengan bermain di luar rumah daripada harus membaca buku. Sebenarnya, dengan adanya Internet yang semakin berkembang sekarang ini, Minat baca anak pun dapat ditumbuhkan. Bagaimana caranya?

Caranya dengan mencari banyak sumber bacaan yang menarik dan bermanfaat bagi anak. Namun sayangnya, banyak dari anak-anak kita yang lebih mencari hal yang kurang tepat di Internet. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika sebagai orangtua kita selalu mendampingi anak serta memberikan saran atau sumber yang berguna saat anak bermain dengan internet.

3. Banyaknya Tempat Hiburan

Mungkin banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa banyaknya tempat hiburan seperti mall, karaoke, tempat rekreasi, cafe, dll adalah fakor yang dapat menurunkan Minat baca anak. Hal ini karena anak cenderung lebih senang menghabiskan waktu luang mereka di tempat tersebut ketimbang harus membaca. Sebenarnya, tempat-tempat hiburan tersebut memang perlu, asal digunakan secara wajar dan tidak berlebihan. Disinilah lagi-lagi peran serta orang terdekat anak sangat dibutuhkan.

4. Harga Buku yang Mahal dan Jumlah Perpustakaan yang Minim

Faktor penghambat Minat baca anak selanjutnya adalah harga buku yang masih terlalu mahal bagi sebagian besar orangtua. Hal ini lah yang terkadang membuat orangtua harus berpikir untuk membelikan buku tambahan bagi anaknya. Selain itu, jumlah perpustakaan yang sedikit dan sesuai dengan jumlah penduduk di Indonesia pun dapat menjadi penyebab kurangnya Minat baca anak. Jika ada perpustaaan pun biasanya letaknya cenderung jauh.

5. Ibu yang Terlalu Sibuk dengan Kegiatan Tertentu

Pada zaman sekarang ini seringkali kita lihat banyak ibu yang sibuk dengan berbagai kegiatan misal kegiatan di kantor untuk membantu mencari tambahan nafkah dan lain sebagainya. Hal ini secara tidak langsung dapat mengurangi kualitas waktu si ibu dengan anak sehingga waktu untuk membaca pun akan menjadi sangat minim. Oleh karena itu, jika ibu terpaksa harus bekerja, mungkin ada baiknya untuk tetap meluangkan beberapa waktu dengan anak dan melakukan kegiatan dengan anak semenarik mungkin. Salah satunya adalah dengan membaca, sehingga minat baca anak masih terjaga(JPA/Ern)

Tinggalkan Balasan