19 Views

5 Pola Asuh untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak

Pola Asuh Anak
Pola asuh yang baik dengan bermain bersama anak 

Ayah bunda tahukah Anda bahwa kecerdasan buah hati kita dipengaruhi oleh pola asuh yang kita terapkan? Ternyata pola asuh yang tepat akan menunjang kecerdasan, tapi masih banyak dari kita yang tidak menyadari hal tersebut. Jika ingin memiliki anak yang cerdas, beberapa pola asuh berikut ini dapat menjadi referensi dalam meningkatkan kecerdasan anak:

Dukung anak bersosialisasi

Anak senang bermain bersama teman-temannya. Banyak pengalaman yang akan diperoleh anak saat berinteraksi dengan orang lain, ia akan belajar berbagi dengan teman, belajar menyelesaikan masalah, dan juga menjalin hubungan baik dengan orang lain. Semua ini memberikan dampak positif dalam mendukung kecerdasannya.

Stimulasi yang tepat

Berikan stimulasi yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Masih banyak orang tua yang terjebak memberikan stimulasi yang tidak sesuai hanya karena ingin anaknya cepat pintar, misalnya memaksakan anak belajar calistung di usia masih dini.

Sering membacakan buku

Kebiasaan membacakan cerita atau mendongeng akan menunjang kecerdasan anak. Libatkan anak dalam menunjuk gambar-gambar yang sedang dibacakan di dalam buku. Kemudian biarkan si anak untuk menceritakan kembali apa yang telah Anda bacakan, dengan begitu daya ingat anak akan meningkat.

Ajak mengeksplorasi lingkungan

Kenalkan anak dengan lingkungan sekitar. Aktivitas di luar rumah, seperti berkebun, jalan-jalan ke alam bebas dan menikmati pemandangan, memanen buah sangat baik untuk perkembangan otak buah hati kita.

Dukung Minat anak

Berikan kesempatan untuk mengembangkan MINAT yang dimilikinya, misalnya dengan memberinya kesempatan melakukan hobi musiknya atau hobi lainnya, juga ikutkan anak dalam kursus-kursus yang disukainya. Jangan pernah memaksa anak melakukan hal yang tidak disukainya karena anak bisa tertekan dan stres, sehingga tidak melakukan sesuatu bukan atas kehendaknya sendiri. (ern)