91 Views

5 Tips Meningkatkan Minat Baca pada Anak

Minat baca anak kita kurang atau bahkan dia tidak memiliki Minat untuk membaca sama sekali? Membaca sangat penting terutama bagi anak-anak karena dengan membaca mereka bisa mengetahui lebih banyak tentang suatu hal. Minat baca merupakan suatu keinginan untuk mengetahui suatu bacaan.

minat baca

Pada anak, Minat baca ini muncul sejak dia mengenal berbagai macam huruf. Dari pengenalan tersebut maka anak menjadi mengetahui tentang maknanya dan pada akhirnya akan membangkitkan suatu rasa untuk membaca. Apakah semua anak juga memiliki Minat baca yang sama? Tentu saja tidak, mungkin anak Anda memiliki Minat baca yang sangat tinggi, namun belum tentu anak lainnya memiliki Minat baca yang sama dengan anak Anda.

Ketika anak-anak memiliki Minat terhadap suatu bacaan,maka dia dengan mudah bisa memahami apa yang ada pada bacaan tersebut. Minat baca sangat penting pada anak karena menjadi landasan bagi dia agar memiliki budaya membaca.

Sejak dini, kita bisa menumbuhkan Minat baca anak-anak dengan berbagai cara. Sayangnya, Minat baca anak-anak kadang turun bahkan mereka tidak mau untuk membaca. Sebagai orangtua, kita harus bisa memilih cara yang tepat untuk membantu mereka agar memiliki Minat baca yang tinggi untuk membantu mereka memahami berbagai macam sumber bacaan.

Jika kita kesulitan mencari cara meningkatkan Minat baca anak, dibawah ini ada lima cara yang sangat mudah untuk membantu anak-anak meningkatkan Minat baca mereka.
1. Pelajari apa yang mereka sukai
Ada banyak hal yang disukai anak, misalnya saja mereka menyukai boneka. Dari apa yang mereka sukai, kita bisa menumbuhkan Minat bacanya. Sangat mudah caranya, cukup dengan memberikan beberapa bacaan yang berhubungan dengan boneka kesayangan anak. Akan lebih baik lagi jika kita memilih beberapa bacaan bergambar boneka kesayangannya. Tentu saja dengan memberikan bacaan sesuai dengan apa yang mereka sukai, anak-anak akan memiliki Minat baca yang tinggi karena ketertarikan mereka pada sesuatu yang disukainya.
2. Pilih waktu yang tepat
Jika anak-anak sedang menangis, jangan memberikan mereka buku atau sesuatu yang harus dibaca. Anda bisa membuat mereka menjadi tertarik membaca dengan memilih waktu yang tepat, misalnya saja saat anak sedang ingin bermanja-manja dengan Anda. Atau Anda bisa memberikan bacaan pada mereka saat mereka sedang bergembira. Jangan berikan bacaan pada anak saat mereka bersedih.
3. Variasi bacaan
Ada cukup banyak buku yang bisa Anda berikan pada anak dan variasikan buku-buku yang kita berikan pada mereka sehingga mereka tidak bosan. Variasi berbagai jenius buku bisa menumbuhkan Minat baca anak dan mereka menjadi semakin antusias untuk membaca bacaan yang berbeda lagi. Kita bisa memberikan bacaan tentang bunga hari ini, keesokan harinya kita bisa memberikan bacaan tentang binatang, demikian seterusnya.
4. Dampingi anak membaca
Dampingi anak-anak membaca sehingga mereka menjadi lebih tertarik dengan bacaan tersebut. Selain itu, mendampingi anak membaca bisa membantu mereka untuk lebih memahami isi bacaan. Berikan perhatian lebih pada anak, Anda bisa menirukan beberapa bacaan sehingga anak menjadi lebih tertarik untuk melanjutkan bacaan tersebut.
5. Perhatikan tempat
Agar anak-anak memiliki Minat baca yang tinggi, kita bisa membuat atau menata suatu tempat yang nyaman dan membuat anak menjadi betah membaca. Pilihlah tempat yang disukai anak dan desain tempat tersebut agar benar-benar memberikan suasana yang mendukung Minat baca anak. (JPA/Ern)