21 Views

5 Trik Agar Si Kecil Suka Baca

Anak Suka Membaca

Sebagai orangtua masa kini yang sudah sangat memahami pentingnya menumbuhkan Minat baca anak, tentu kita mengidam-idamkan agar buah hati kita tak terlalu sulit untuk diajar membaca. Tentu saja agar putra-putri kita terbiasa untuk membaca aktifitas ini harus dimulai sejak usia dini.

Bagi Anda para orang tua baru yang buah hatinya masih berusia sangat muda, inilah beberapa trik agar kelak si kecil suka membaca. Beberapa metode berikut ini cukup efektif untuk mengajar si kecil membaca sekaligus menumbuhkan Minat baca pada buah hati Anda.

1. Membacakan buku sejak lahir

Dari studi yang pernah dilakukan mengajari anak membaca sejak usia dini akan membawa dampak besar pada kemampuan membaca anak kelak di usia dewasanya. Jangan salah mengartikan karena kemampuan membaca ini tak ada kaitannya dengan IQ buah hati Anda tetapi lebih banyak ditentukan oleh keluarga serta suasana di rumah.

Kemampuan membaca sejak dini sering bersumber dari dukungan keluarga yang memberi perhatian ekstra dalam membantu mereka memahami keterampilan membaca. Cara yang paling mudah untuk mengajarkan membaca sejak dini adalah dengan membiasakan membacakan buku sejak si kecil masih bayi. Anda bisa memilih dongeng-dongeng singkat yang mempunyai pesan moral atau cerita-cerita yang diambil dari kisah agama.

2. Menceritakan kembali

Setelah membaca sebuah cerita, mintalah putra-putri Anda untuk menceritakannya kembali. Anda bisa merekam suara mereka saat bercerita lalu memutarkannya kembali bagi mereka. Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan manfaat lain yang bisa Anda peroleh adalah orangtua bisa menjalin kedekatan yang akrab dengan buah hatinya.

3. Mengajak anak ke pusat buku

Sejak awal tanamkan kesan bahwa pusat buku tersebut adalah salah satu sarana hiburan dan tempat mengisi waktu luang yang menyenangkan. Anda tentu tak harus membelikan si kecil buku baru setiap hari tetapi Anda bisa membawa mereka ke perpustakaan umum.

Di toko buku atau perpustakaan berilah mereka kepercayaan untuk memilih sendiri buku yang ingin mereka beli atau pinjam. Tentu saja Anda sendiri harus selektif dalam memilih bacaan yang tepat bagi buah hati.

4. Membeli buku yang berkualitas untuk anak

Tips berikutnya untuk menumbuhkan Minat baca anak adalah dengan memberi mereka fasilitas atau sarana untuk itu. Bagi Anda yang tak mempunyai cukup dana untuk itu, Anda bisa pergi ke toko buku bekas yang sudah sangat banyak di berbagai kota. Bila Anda jeli dalam memilih Anda bisa memborong banyak buku berkualitas dan dalam kondisi bagus untuk si kecil dengan harga terjangkau.

5. Menyediakan dana untuk buku

Agar buah hati gemar membaca, sebagai orang tua Anda harus menjadikan buku sebagai prioritas kebutuhan yang penting. Daripada membeli mainan yang mungkin tak akan digunakan seterusnya, utamakan untuk berbelanja buku. Ilmu pengetahuan yang termuat dalam buku-buku bacaan bagi anak akan menjadi investasi yang lebih berharga daripada harta benda.

Terakhir, bila memungkinkan Anda bisa memberikan tempat khusus yang berisi koleksi buku milik putra-putri Anda. Tak harus merupakan ruangan yang didesain khusus tetapi Anda bisa memulai dari sebuah lemari khusus yang dapat mereka jangkau dan tak terkunci. Hal ini akan merangsang keingingan si kecil untuk membaca saat mengisi waktu luangnya. (PK/Ern)

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache