68 Views

8 Tips Ini Akan Membantu Anda Suka Membaca

Kebiasaan baik suka membaca bermanfaat untuk mengubah seseorang menjadi pribadi yang lebih cerdas, berwawasan luas, serta bijaksana. Bagi mereka yang sejak dini tak dibiasakan membaca oleh orangtua atau keluarga, memulai kebiasaan tersebut tentu bukan merupakan hal yang mudah. Namun jangan khawatir karena bila Anda bersungguh-sungguh, tentu keinginan Anda akan tercapai.

Suka Membaca

Inilah 8 tips efektif yang akan membantu Anda menjadi orang yang suka membaca bila diterapkan dengan disiplin.

1. Menentukan tujuan membaca

Agar tujuan membaca bisa tercapai, yaitu untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, maka sangat penting untuk menyadari bahwa aktifitas yang hendak Anda lakukan ini melibatkan pikiran dan juga hati. Hal ini termasuk pemilihan buku yang hendak Anda baca. Cermati buku-buku jenis apa yang Anda Minati atau Anda butuhkan sehingga akan merangsang gairah membaca atau membuat Anda lebih bersemangat dalam membaca.

2. Menentukan target membaca

Untuk mendapatkan hasil sebagaimana yang Anda inginkan, sebaiknya buatlah perencanaan yang baik bahkan untuk kegiatan membaca. Dalam perencanaan yang Anda buat pikirkanlah tentang kapasitas kemampuan Anda dalam membaca, hal ini meliputi menentukan buku yang ingin dibaca serta menentukan target berapa lama buku tersebut harus selesai dibaca. Buku tersebut bukan hanya dibaca tapi diselesaikan hingga halaman terakhir.

Mulailah dengan buku yang ringan dan target waktu yang sebentar, misalnya 15 atau 20 menit per hari dan tambahlah target tersebut sedikit demi sedikit. Bila Anda  sudah menemukan keasyikan dalam kegiatan ini, Anda  bisa membaca lebih banyak buku dalam waktu yang lebih singkat, misalnya 3 hingga 4 buku perbulan.

3. Mulai dari buku yang disukai

Supaya Anda tak patah semangat, cara meningkatkan Minat baca berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah memulai dari buku yang Anda Minati. Ini akan membuat Anda lebih bersemangat. Bila Anda merasa tak mempunyai Minat yang menonjol dalam bidang apa pun, Anda bisa mulai dari buku-buku best seller atau rekomendasi dari rekan atau siapa saja.

4. Mengatur waktu

Salah satu alasan orang untuk tidak membaca buku adalah sibuk dan tidak punya waktu. Bila Anda termasuk salah satunya, maka mulai saat ini cobalah membaca menjelang tidur atau di waktu istirahat Anda. Aturlah waktu, misalnya 15 menit setiap istirahat dan 15 menit menjelang waktu tidur Anda. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan waktu menunggu dengan membaca, misalnya saat menunggu antrian di bank, restoran, menunggu bis, dan lain sebagainya.

5. Bertahap

Cara meningkatkan Minat baca bagi pemula adalah mulai secara bertahap dan tidak terburu-buru. Anda bisa memulai dari buku yang tak terlalu tebal atau majalah dan sedikit demi sedikit tingkatkan sumber bacaan Anda dengan buku-buku bertema lebih berat dan lebih berbobot.

6. Bersungguh-sungguh

Berupaya sekuat tenaga adalah resep yang ampuh untuk mencapai hasil yang kita inginkan. Jadi bersungguh-sungguhlah untuk merealisasikan niat Anda dalam menjadi orang yang gemar membaca dan berwawasan luas.

7. Sarana

Dana yang besar untuk membeli buku bukanlah keharusan dalam cara meningkatkan Minat baca, karena saat ini pemerintah sudah menyediakan beragam sarana untuk membudayakan membaca di kalangan masyarakat. Perpustakaan atau toko buku bisa menjadi pilihan dan selain itu ebook gratis di internet juga bisa menjadi sarana yang murah dalam memenuhi Minat untuk membaca.

8. Menyampaikan apa yang telah dibaca

Bergabung dalam komunitas membaca bisa juga dilakukan agar apa yang telah Anda baca di buku tak terlupa begitu saja karena pada komunitas membaca Anda akan diminta untuk menyampaikan kembali apa yang telah dibaca. Komunitas membaca juga sering mengadakan kegiatan bedah buku atau sejenisnya untuk membahas berbagai sumber bacaan berkualitas.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar menjadi gemar membaca. Semoga bermanfaat. (PK/Ern)