159 Views

9 Langkah Mendidik Anak Gemar Membaca

Gemar Membaca
Kebiasan membaca dapat terwujud jika dilakukan sejak usia dini
[merdeka.com]
Ingin jadi seperti apakah buah hati Anda ketika sudah besar nanti? Tentunya Ayah bunda tidak ingin kan si kecil menjadi anak yang malas membaca. Tapi, bagaimana cara menanamkan perilaku gemar membaca sejak dini pada buah hati?

Mengajarkan gemar membaca pada buah hati sering kali menjadi ketegangan tersendiri bagi sebagian besar orangtua, karena setiap orangtua pastinya menginginkan anak-anak mereka dapat tumbuh sehat, cerdas, dan pintar. Jadi agar si kecil tidak menjadi anak yang malas membaca

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan agar anak gemar membaca:

1. Berikanlah contoh perilaku gemar membaca kepada anak, misalnya dengan menunjukkan kepadanya bahwa kita sebagai orangtuanya memiliki kesenangan membaca, karena anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtua. Lakukanlah sebisa mungkin setiap harinya, agar anak mudah mengingat dan memahami apa yang telah dibacanya.

2. Lakukanlah aktivitas membaca di mana saja, baik di dalam rumah maupun di luar dan ciptakanlah suasana membaca senyaman mungkin.

3. Berikan anak kesempatan untuk memilih buku yang disukainya. Hal ini akan membantu anak untuk lebih tertarik pada buku bacaan. Alangkah lebih baik jika mengunjungi perpustakaan atau toko buku secara rutin untuk membantu proses pemilihan buku oleh anak agar menjadi lebih menyenangkan.

4. Anak-anak bisanya lebih terpancing dengan gambar dan warna yang menarik, maka sebelum memilih buku yang akan dibaca, diskusikanlah bersama anak mengenai isi buku tersebut dengan terlebih dahulu membahas apa yang bisa terlihat dari sampul depan buku.

5. Seringlah mengajak anak menonton film asing bersama, karena biasanya film asing memperlihatkan tentang seorang tokoh yang membacakan dongeng dengan menggunakan intonasi suara yang berbeda di setiap karakternya. Lakukanlah hal yang serupa, agar ia menjadi lebih tertarik.

6. Tunjukkan gambar-gambar menarik ketika membacakan buku, karena gambar tidak hanya akan membuat anak lebih terpaku dengan isi buku, namun juga membantu mereka untuk memahami perilaku tokoh-tokohnya dan jalan ceritanya.

7. Sampaikanlah pesan moral setelah membacakan buku dan berikan penekanan kata-kata penting yang bisa bermanfaat untuk anak.

8. Cobalah menghubungkan kisah yang menarik di dalam buku dengan realita dalam kehidupan.

9. Pancinglah sikap kritis anak terhadap isi buku dengan memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan isi buku tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar anak gemar membaca. Apakah Ayah bunda siap untuk mencobanya? Yuk, kita mulai ajarkan dan jadikan budaya membaca di keluarga kita, agar anak dapat tumbuh Minat baca dan belajarnya sejak usia dini. (Ern)