32 Views

Agar Anak Gemar Membaca

Sumber : http://2manythoughts4oneday.wordpress.com

Bagaimana agar anak gemar membaca?

Buku adalah jendela ilmu, tentu semua orang setuju dengan ungkapan tersebut. Tetapi banyak orangtua yang mengeluhkan anak-anaknya malas membaca.  Menurut penelitian, ketika anak naik kelas lebih tinggi, minatnya untuk membaca akan berkurang. Hal ini disebabkan aktivitas mereka mulai meningkat dan waktu untuk bergaul atau bermain dirasa lebih menarik dibanding membaca buku.  Nah, untuk membuatnya gemar membaca buku, ikuti saran berikut :

  • Sejak usia dini, biasakan untuk membacakan cerita pada si kecil, hal ini bisa meningkatkan kemampuannya membaca dan menulis lebih awal.
  • Ada masanya anak-anak akan malas membaca, ini terutama ketika mereka melewati masa peralihan, misalnya dari SD masuk ke SMP. Biarkan hal ini berlalu secara alami, jangan memaksanya untuk membaca. Untuk menarik minatnya, biarkan mereka membaca apa saja yang disukainya, termasuk komik. Yang terpenting mereka tetap membaca.
  • Ketika anak memasuki usia remaja, kesibukannya akan meningkat. Mungkin ia tidak punya waktu lagi untuk membaca satu buku, sebagai gantinya biarkan mereka membaca artikel di majalah atau tulisan lain yang lebih cepat selesai dibaca.
  • Saat si kecil akan naik ke kelas 2 adalah waktu yang paling tepat untuk mengetahui kemampuannya membaca. Jika si kecil ternyata memiliki kesulitan membaca, ajaklah ia menemui terapis untuk mendapatkan bantuan.
  • Kelas 3 dan 4 adalah masa paling krusial untuk keberhasilan akademisnya. Jika si kecil tidak memiliki kemampuan membaca, bisa jadi ia akan tertinggal. Temukan minat dan kesukaan si kecil pada topik tertentu untuk menarik minatnya membaca.Tanamkan kebiasaan membaca di keluarga. Jika sejak dini anak-anak sudah terbiasa melihat kedua orangtuanya membaca, otomatis minat tersebut akan muncul pada dirinya.
  • Berikan buku sebagai hadiah dan ajak si kecil menabung untuk membeli sebuah buku, tidak harus yang mahal, sesekali ajak anak-anak mendatangi pameran buku yang memberi harga diskon.
  • Biasakan meletakkan bacaan di sekitar rumah, atau di dalam mobil. Biarkan si kecil melihat bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan berguna.
  • Ajak anak-anak berdiskusi tentang buku yang mereka baca, biarkan mereka merasa seperti ahli dan Anda seperti orang yang membutuhkan banyak informasi.

http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=10150