3 Views

Agar Anak Konsisten Membaca

Bagaimana Agar Anak Konsisten Membaca?

SUmber : http://intisari-online.com/read/tips-membacakan-buku-untuk-anak-2
Sumber : http://intisari-online.com/read/tips-membacakan-buku-untuk-anak-2

Sebagai orang tua seringkali kita bertanya-tanya bagaimana membuat anak-anak agar konsisten dalam mengerjakan suatu hal khususnya membaca. Secara bijaksana, seharusnya justru kitalah yang balik bertanya terhadap diri kita sendiri, apakah kita sudahkonsisten mengerjakan aktivitas membaca tersebut agar anak kita menjadi senang membaca juga seperti yang kita harapkan?

Pada hakikatnya anak-anak itu punya rumus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Siapapun dan dengan lingkungan manapun yang paling sering berinteraksi dengan mereka akan berpengaruh besar terhadap perkembangannya. Jika lingkungan terdekat anak adalah orang tuanya, maka untuk mencapai perilaku senang membaca, tentunya orang tua juga harus konsisten untuk melakukan aktivitas ini. Semakin dini kebiasaan itu diberikan pada anak, maka semakin mudah bagi kita untuk membentuk minat baca pada anak. Bahkan kebiasaan membacakan buku kepada anak dapat dilakukan sejak trimester akhir kehamilan. Kita dapat membacakan buku jenis apapun yang ingin kita baca, karena pada moment ini kita mulai memperkenalkan suara kita pada anak. Hal ini seperti diungkapkan oleh Roosie Setiawan, penggagas Reading Bugs.

Mendidik anak itu ibarat kita merelief di atas batu. Memang tidak mudah, terkadang menemui kesulitan karena kerasnya bentuk batu itu. Tetapi bila kita konsisten dan sabar melakukannya maka lambat laun kita akan berhasil mereliefnya dengan baik, dan hasil yang dicapai juga akan indah dan cantik. Begitupula bila kita ingin membuat anak menjadi cinta membaca. Kita harus konsisten terlebih dulu untuk konsisten melakukan aktivitas membaca. Anak akan mengamati, meniru dan memodifikasi dari apa yang sudah kita kerjakan. Ketika anak sudah tertarik, penasaran dan ditambah dengan rasa suka dan cinta, maka membacapun akan menjadi aktivitas yang secara konsisten dilakukan oleh mereka.

Yang perlu kita ingat adalah, dunia anak-anak adalah bermain. Mereka akan sangat senang bila melakukan sesuatu sambil bermain, karena bagi mereka bermain adalah hal enak yang bisa dilakukan oleh mereka tanpa beban apapun. Oleh karena itu anak-anak tidak dapat dituntut untuk mengerjakan sesuatu dalam rentan fokus yang agak lama karena mereka pasti akan bosan. Jadi ketika anak-anak sedang mengerjakan sesuatu, pastikan yang ia kerjakan akan menjadi menarik, menantang, penuh kreatifitas dan membuat mereka menjadi penasaran. Jika anak-anak sudah merasa nyaman, didukung dengan lingkungan yang kondusif dan

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache