9 Views

Air dan Kehidupan

air

Bagaimana air dan kehidupan?

Air adalah salah satu sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di dunia. Bukan hanya untuk kita, tetapi air juga sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia menggunakan air untuk mandi, mencuci, memasak, minum dan berbagai kegiatan lain. Tumbuhan menggunakan air untuk fotosintesis, dan hewan menggunakan air untuk mandi dan minum.  Itulah mengapa ¾ bumi kita dikelilingi oleh perairan yang membuat bumi berwarna biru jika dilihat dari luar angkasa.

Lalu darimana kita mendapatkan air?

Air bisa kita peroleh dari hujan, sungai, mata air, danau, dan lautan. Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber air berlimpah, oleh karena itu kita patut mensyukuri dan menjaga nikmat Tuhan ini.

Coba bayangkan apa yang akan terjadi jika sudah tidak ada lagi air di dunia ini.  Dapatkah Air di bumi ini habis?

Air yang ada di bumi tidak dapat habis karena merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui secara alami dengan proses daur air. Jika kita pernah melihat suatu daerah kekurangan air bersih hal tersebut dikarenakan oleh cuaca yang panas dan kegiatan manusia yang mempengaruhi ketersediaan air contohnya penebangan pohon di hutan dan pencemaran air. Penebangan pohon di hutan yang tidak terkendali menyebabkan kekurangan air pada musim kemarau. Selain itu bisa menyebabkan banjir karena tidak ada pepohonan yang menyerap air.

Air yang kita gunakan untuk mencuci, memasak, mandi dan minum harus bersih. Apabila kita menggunakan air kotor, berwarna dan bau bisa menimbulkan penyakit. Oleh karena itu kita membutuhkan air bersih supaya sehat. Menurut WHO (2006), dalam satu dekade terakhir, rata-rata 50.000 orang meninggal per hari karena penyakit yang berkaitan dengan air tak bersih. Agar alam tetap memberikan air bersihnya kepada manusia, maka jangan sekali-kali kita mendzalimi alam, justru mestinya melakukan pengelolaan yang baik dan pelestarian untuk menjaga ketersediaan air demi kelangsungan hidup kita sesama makhluk penghuni alam.

Jadi, di Hari Air Sedunia ini kami ingin berbagi tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menyayangi air, yaitu :

  • Jangan membuang sampah di sungai atau selokan supaya air mengalir dengan lancar, jika tersumbat bisa menjadi sarang penyakit.
  • Gunakan air secukupnya, jangan mengisi bak sampai meluber.
  • Lindungi air dari pencemaran limbah industri
  • Lindungilah hutan dan lakukan reboisasi

Nah, mulai sekarang ayo kita menyayangi air dengan menghemat dan melindunginya, maka air pun akan menyayangi kita.(Wulan)