8 Views

Ajari Anak Anda Menyukai Membaca

Bagaimana ajari anak anda menyukai membaca?

UntitledSetiap orangtua tentu menginginkan anak mereka untuk belajar dalam hal membaca sedari dini. Tetapi yang terpenting, orangtua menginginkan anak-anak mereka belajar untuk menyukai membaca. Tanpa membaca setiap orang tidak akan bisa melakukan banyak hal.

Jika seseorang tidak menyukai membaca, mereka tidak akan membaca bahkan apa yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Anak yang suka membaca akan menikmati kehidupan yang penuh dengan harapan dan pertumbuhannya secara akademis dan pribadi. Temani buah hati di saat Anda sedang memiliki waktu santai.

Berikan anak Anda sebuah buku yang terdapat gambar di dalamnya. Bimbinglah sang anak dengan membantu membacakannya serta menunjukkan gambar yang sesuai dengan tulisan yang Anda bacakan. Dengan begitu anak akan lebih mudah mengerti saat Anda ajari. Saat Anda membacakan tulisan tersebut peganglah telunjuk sang anak dan arahkan pada gambar yang Anda sebutkan. Cobalah hal tersebut berulang kali, maka tak menutup kemungkinan sang anak akan terbiasa mengucapkannya dan sambil menunjuk gambar yang sering ia lihat.

Agar anak lebih cepat mengerti, usahakan dengan memberikan buku yang memiliki tulisan dan gambar dengan ukuran yang sedang tetapi tidak terlalu besar. Sebagai awal pembelajaran, Anda bisa memberikan buku bergambar berupa binatang-binatang lucu yang bisa menjadi perhatiannya. Atau juga Anda bisa memberikan suara-suara lucu yang sesuai dengan gambar di buku ketika gambar tersebut ditunjuknya. Dengan begitu, suasana belajar membaca pun menjadi menyenangkan bersama buah hati Anda, dan anak pun akan semakin semangat saat diajak untuk belajar membaca. Jadikan hal membaca ini merupakan hal yang menyenangkan bagi sang anak.

Lebih baik lagi jika karena intensitas membaca sering dilakukan, maka bisa menjadi hobi yang menyenangkan bagi buah hati Anda. Tak hanya itu, bahkan waktu Anda bersama sang buah hati akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama-sama setiap hari setelah Anda melakukan aktivitas dan menemaninya dalam belajar. Bagi para orangtua yang bekerja, buatlah waktu khusus Anda bersama buah hati. Mungkin Anda bisa melakukannya di tempat lain dengan suasana baru, seperti perpustakaan anak-anak atau tempat bermain dan belajar anak-anak agar anak merasa lebih nyaman dan bersemangat untuk belajar. Di tempat inilah, Anda bisa membiarkan mereka untuk mencari dan memilih sendiri buku bacaan yang akan dibacanya. Anda bisa membacakannya dan mendiskusikan tentang gambar atau kata-kata yang belum dimengertinya.

http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1016_Ajari-Anak-Anda-Menyukai-Membaca

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache