54 Views

Alasan Anak Malas Membaca

malas membaca
[kabarinews.com]
Ayah bunda kita mungkin kesal dengan sikap anak yang malas belajar atau membaca. Mengapa anak lebih suka nonton televisi atau bermain gadget? Ketahui lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya, kenapa anak-anak kemudian malas untuk berinteraksi dengan buku-buku.

Nah, berikut ini beberapa penyebabnya yang mungkin bias kita pantau dan cari solusinya:

  1. Pengaruh pergaulan

Kadang-kadang kita membatasi penggunaan gadget pada anak, Tetapi kemudian teman-temannya yang memberikan pinjaman fasilitas tersebut, bukan hanya itu bahkan mengajak anak kita ke warnet, kondisi ini bisa menyebabkan anak kecanduan games. Kondisi ini kita memang harus selalu menjaga anak, jauhkan anak dari lingkungan yang memberikan pengaruh buruk tetapi alihkan perhatian anak ke arah yang lebih baik dan dapat meningkatkan Minatnya.

  1. Budaya yang belum dicontohkan

Membaca itu tradisi, jadi memang harus dibiasakan. Kalau kita ingin anak-anak kita punya Minat baca yang baik, kita harus mengkondisikan budaya baca yang baik di rumah. Jadi semua anggota keluarga harus memberikan contoh kepada anak. Kesukaan terhadap membaca tidak bisa datang secara tiba-tiba, tetapi harus dibiasakan dan dilatih.

  1. Orangtua kurang inovatif

Pilihkan buku-buku terbaru untuk anak-anak yang unik dan menarik sehingga anak-anak lebih tertarik untuk membacanya. Gantilah bacaan anak-anak dengan buku-buku terbaru.

Selamat membimbing anak-anak, sebab membimbing berarti mencontohkan. Ajarkan anak-anak Anda membaca sedini mungkin dengan cara memberikan contoh secara langsung kepada anak-anak, dimulai dari rumah sendiri. (Ern)

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache