6 Views

Anak Bisa Meraih Mimpinya

mimpi

Ayah bunda, setiap anak terlahir dengan keunikannya masing-masing. Ada anak yang bisa bertindak mandiri tanpa harus menunggu arahan orangtuanya, adapula yang sebaliknya ia membutuhkan dorongan agar mau bertindak. Anak ini perlu kita perhatikan secara khusus karena kondisi seperti ini akan membantu pembentukan mental  anak terutama pola pikirnya.

Berperanlah bukan hanya sebagai orangtua, tetapi juga sebagai mentor. Saat anak mengeluh akan apa yang mereka lakukan, merasa tidak penting, bermasalah dengan teman. Kita bantu mereka agar tetap fokus melakukan tugas dan tanggung jawab mereka.

Saat berperan sebagai pembimbing, bertindaklah seolah kita sangat memahami anak dan tidak menyalahkannya atas perbuatan yang mereka lakukan. Melainkan memberikan arahan dan bimbingan atas apa yang mereka lakukan. Memang kita perlu memberikan kepercayaan dan kebebasan kepada anak, namun kita juga perlu memberikan pemikiran tentang apa yang mereka lakukan.

Satu perhatian penting bagi Anda untuk menjaga anak masuk ke pergaulan yang tidak mendukung kesuksesan diri mereka. Ini juga berarti bahwa Anda harus memberikan mindset  yang mendukung mereka menjadi pribadi yang bisa menjaga diri sendiri. Dengan begitu, mereka tidak mudah masuk ke pergaulan yang justru merugikan diri mereka sendiri.

Ayah bunda, saat membimbing anak ada baiknya kita bisa menemukan Minat dan passion anak. Anak memerlukan pengalaman sehingga mereka mudah memilih apa yang mereka sukai, berikan anak kebebasan untuk mencoba hal-hal baru, dengan itu anak lebih mudah meraih mimpinya, yakni lewat Minat belajar yang tinggi. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)