49 Views

Anak Cepat Bosan? Yuk Kita Terapkan Variation Skill!

Mengapa anak mudah jenuh?  Ternyata rentan konsentrasi anak hanya berkisar kurang lebih 7 menit saja. Lantas apa yang harus kita lakukan agar anak tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar? Yup, jawabannya adalah Variation skill.

Variation Skill

Variation skill adalah proses belajar mengajar yang divariasiakan antara aspek belajar dan kegiatan belajar. Maksudnya apa? Jadi, aspek belajar terbagi menjadi 3 yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Kognitif adalah aspek belajar yang berhubungan dengan otak atau logika anak, kegiatan belajarnya seperti matematika dan membaca. Afektif adalah aspek belajar yang berhubungan dengan hati, yaitu bernyanyi, berdongeng, berdialog, bercerita dan lain-lain, kita dapat mengetahui afeksi anak. Terakhir adalah psikomotorik yang berhubungan dengan otot, kegiatan belajarnya adalah menulis dan mewarnai.

Nah, Sebagai orang dewasa kita jangan memberi kegiatan belajar dengan aspek yang sama, hal itulah yang membuat anak akan cepat bosan kecuali anak memang senang dengan kegiatan belajar tersebut.

Ayah bunda, yuk kita terapkan proses belajar yang menyenangkan melalui metode biMBA dan Variation skill. Apabila fun learning, small step system, individual system, dan variation skill sudah diterapkan. Maka Minat belajar anak akan tumbuh dan menjadi semakin menggelora dari hari ke hari. Tentunya kita akan senang bukan apabila anak memiliki pondasi Minat belajar yang kuat? (Ern)