20 Views

Anak Sekedar Bisa atau Paham Membaca?

Anak Sekedar Bisa Baca atau Paham Membaca
[http://pama.karangkraf.com]

Orangtua mana yang tidak bangga saat anaknya sudah bisa membaca di usia dini?   Namun kebanggaan itu berubah menjadi rasa prihatin saat anak menemui kesulitan mengikuti pelajaran pada jenjang pendidikan selanjutnya.   Keluhan orangtua dan guru SD seputar ketidakmampuan anak untuk mengerjakan soal cerita tentu saja menimbulkan sebuah pertanyaan, apakah anak sekedar bisa atau paham membaca?

Anak sekedar bisa atau paham membaca merupakan dua hal yang berbeda.  Berikut ini pemaparan tentang perbedaan keduanya.
• Anak sekedar bisa membaca
Membaca bagi anak merupakan aktivitas membunyikan huruf tanpa memahami makna kata yang terbentuk dari rangkaian huruf tersebut.  Hal ini terjadi karena proses belajar membaca pada anak yang hanya menggunakan media teks atau huruf.   Anak memang bisa membaca kata-kata yang tertera, namun tidak menjamin mereka memahami kata yang  dibaca.

• Anak paham membaca
Membaca bagi anak merupakan proses dan latihan untuk mematangkan logika berpikirnya.  Ia bukan saja membunyikan rangkaian huruf namun memahami betul makna kata yang ia baca.  Hal itu terjadi karena proses belajar membaca pada anak menggunakan media yang bervariasi misalnya gabungan gambar dengan teks, atau penerapan metode pembelajaran gurunya yang kreatif.

Tips sederhana untuk mengetahui anak sekedar atau paham membaca :
1. Berilah sebuah papan kata
Papan kata bisa berisikan beberapa kata sederhana misal, “MAMA BELI BAJU”.
• Anak sekedar bisa membaca akan membaca papan kata dan memberikannya kembali ke bu guru setelah selesai membacanya.
• Anak yang paham membaca selain membaca papan kata, maka akan memberi bonus cerita pendek ke bu gurunya. Bisa saja ia akan melanjutkannya dengan tambahan kata misal MAMA BELI BAJU untuk nenek, ayah, kakak dsb nya.

2. Berilah buku mewarnai
• Anak yang sekedar bisa membaca akan mewarnai gambar tanpa mengucap sepatah kata. Ia hanya ingin segera membuat gambar menjadi berwarna
• Anak yang paham membaca akan mewarnai gambar sambil berceloteh tentang gambar tersebut. Misal ia mewarnai mobil pemadam kebakaran, maka mungkin ia akan menirukan suara sirenenya atau fungsi dari mobil pemadam kebakaran.

3. Berilah buku cerita
• Anak yang sekedar bisa membaca akan membaca buku itu dengan tanpa ekspresi  dan menutup bukunya setelah selesai membaca lembaran yang terakhir. Selang beberapa menit kemudian ia akan beralih dengan aktivitasnya yang lain. Kalau ditanyakan apa yang tadi dibacanya? Ia akan cenderung membaca judul buku ceritanya tanpa menjelaskan apa inti cerita dari buku.
• Anak yang paham membaca akan membaca buku itu dengan penuh antusias dan setelah kata terakhir yang dibacanya, maka ia akan cenderung menceritakan isi cerita bukan lagi inti cerita. Ia berusaha agar yang mendengarkan ceritanya juga merasakan sensasi rasa yang ia dapatkan saat membaca buku.

Ayahbunda,mari kita kenali kemampuan membaca anak! Apakah anak sekedar bisa atau paham membaca? Terus telaah dan gali potensi anak apalagi saat ia masih dalam periode golden age, karena itu adalah masa terbaik sekaligus masa kritis untuk pembangunan pondasi kemampuan logika anak di masa mendatang. Jadilah orangtua bijaksana dan cerdas dalam berpikir serta bertindak. Ayahbunda pasti bisa!  (Nikk)