365 Views

Apa Arti dari Pendidikan yang Sebenarnya?

Saat ditanya mengapa Ayah bunda memasukan anak ke sekolah? Kebanyakan dari kita menjawab agar anak pintar, cerdas, dan sukses. Lalu ketika anak sudah pintar cerdas dan sukses, apakah kehadiran anak di keluarga dan lingkungan sekitarnya berdampak baik atau justru sebaliknya? Ketika anak cerdas tetapi perilakunya buruk apakah bisa disebut tujuan pendidikan sudah tercapai?

pendidikan

Bisa jadi anak pintar dan selalu mendapatkan peringkat pertama di sekolah tetapi di masyarakat ia dikenal sebagai anak yang suka mengganggu teman, bisa jadi anak anak sukses tetapi di masyarakat anak tumbuh menjadi anak yang sombong.

Ayah bunda pendidikan sejati tidak hanya menjadikan anak sukses secara materi ataupun pintar dalam nilai dan prestasi akademis. Pendidikan bukan sekedar untuk mendapatkan ijazah sampai berhasil bekerja di perusahaan ternama tetapi yang lebih penting adalah bermanfaat atau tidaknya ilmu yang di dapatkan, apabila tidak menimbulkan kebaikan artinya pendidikan tersebut bisa dibilang tidak berhasil.

Nah, itulah makna dari pendidikan sebenarnya Ayah bunda. Pendidikan tidak berorientasi pada hasil tetapi adalah seseorang yang setiap hari selalu berproses dan belajar menjadi lebih baik setiap harinya. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)