38 Views

Apa Dampak Bila Tidak Memiliki Minat Baca?

Manfaat membaca tentu sudah banyak yang tahu, karena membuat kita menjadi lebih cerdas dan meningkatkan kualitas diri.  Sayangnya masih banyak orang yang tidak suka membaca buku. Penyebabnya mungkin karena tak banyak manfaat yang bisa diperoleh dari membaca atau pengetahuan tersebut tidak mudah diterapkan dalam keseharian. Namun alasan utamanya adalah bangsa ini kurang memiliki Minat baca.  Begitukah?

minat baca

Budaya membaca yang kurang mengakar di sekitar kita, membuat orang yang terlihat membaca buku di tempat umum sering menjadi bahan perhatian. Sesungguhnya sangat rugi bila orang tidak suka membaca. Berikut ini adalah dampak bila tidak memiliki Minat baca:
1. Melewatkan banyak pengetahuan
Harus disadari bahwa pengetahuan bisa menjadi sebuah kekuatan dan salah satu sumber pengetahuan adalah buku. Rajin membaca berbagai macam hal baik berupa artikel, literatur, sastra, pengetahuan umum praktis artinya kita berinvestasi bagi masa depan. Mengapa? Karena pengetahuan tersebut bisa jadi berguna bagi masa depan. Bagi mereka yang tak suka membaca tentu akan banyak pengetahuan yang mereka lewatkan, walaupun mungkin intelegensia mereka sesungguhnya lebih baik.
2. Miskin kosakata
Selain menambah ilmu dan wawasan, rajin membaca juga bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kosakata. Dengan demikian Anda akan dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan ini bisa menambah kepercayaan diri Anda. Sementara orang yang jarang membaca input kosakata yang dimilikinya akan terbatas dan lama-kelamaan terdengar membosankan bagi orang-orang di sekitarnya.
3. Tidak mampu menganalisis
Dampak bila tidak memiliki Minat baca adalah kehilangan kesempatan untuk mengasah kemampuan analisis karena salah satu manfaat membaca adalah meningkatkan daya analisis. Kemampuan ini akan membantu mereka untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaik atas masalah yang menimpanya. Mereka yang sering membaca karya sastra atau fiksi secara tak sadar akan terlatih menganalisis jalan cerita, karakter tokoh, dan peka akan hal-hal tak logis pada jalan cerita.
4. Sulit berkonsentrasi
Bila Anda merasa sulit fokus dan berkonsentrasi, terapi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membiasakan diri membaca selama beberapa menit di pagi hari. Setelah beberapa lama Anda akan merasakan dampak positifnya yaitu lebih fokus, mudah melakukan multitasking, dan lebih konsentrasi dalam menjalankan tugas Anda. Jadi kerugian yang akan didapatkan orang-orang yang tidak suka membaca adalah tidak memperoleh kesempatan untuk berlatih meningkatkan fokus mereka.
5. Sarana hiburan
Membaca bisa menjadi sarana hiburan yang murah dan mudah saat Anda tengah mengalami stres atau tekanan dari kehidupan sehari-hari. Sementara dampak bila tidak memiliki Minat baca tentu Anda harus mencari aktifitas lain dalam mengisi waktu luang yang mungkin membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tinggal di rumah, bersantai dan membaca buku yang Anda sukai sudah tentu akan lebih hemat bila dibandingkan berjalan-jalan ke mall, pergi ke cafe, atau nonton film di bioskop.

Demikianlah beberapa dampak bila tidak memiliki Minat baca. Setelah mengetahui manfaat membaca dan ingin mencoba menjadikan membaca sebagai bagian dari keseharian Anda, maka Anda bisa memulai dari sekarang. Cobalah dengan buku-buku bertema ringan terlebih dahulu dan sedikit demi sedikit tingkatkan frekuensi membaca, serta memilih tema yang lebih berat. Membuat target membaca pada jangka waktu tertentu juga bisa menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan Minat baca. Selamat mencoba! (Pc/Ern)

2 Komentar

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache