136 Views

Apa Indikator Minat Belajar pada Anak?

Indikator Minat Belajar pada Anak

Tahukah Ayah bunda bahwa anak yang telah tumbuh Minat belajar bisa diketahui dari beberapa ciri-cirinya. Kira-kira apa saja indikator Minat belajar pada anak?

1.      Anak lebih rajin belajar

Rajin adalah berusaha dengan giat dalam mencapai sesuatu dan dilakukan secara terus-menerus.  Nah dari sini terlihat anak senang mengulang-ulang pelajaran baik itu di sekolah atau di rumah tanpa merasa lelah.

2.      Lebih tekun

Setelah anak sering mengulang mereka semakin bersungguh-sungguh dalam belajar karena ketekunan adalah mereka yang berkeras hati dalam mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuannya yang diharapkan.

3.      Menyelesaikan tugas dengan baik

Anak yang memiliki Minat tidak merasa terbebani ketika diberikan tugas dari sekolah ataupun oleh orangtuanya, justru sebaliknya ia akan senang diberikan tugas dari kegiatan yang sukainya dan menjadi lebih tertantang.

4.      Memiliki jadwal belajar

Anak memiliki waktu tersendiri untuk belajar, tidak ada satu hari pun waktu dihabiskan tanpa belajar meskipun hanya membaca buku. Anak sudah paham pentingnya belajar sehingga menganggap belajar bukan sekadar keharusan tetapi kebutuhan hidupnya.

5.      Disiplin dalam belajar

Ketika minat sudah tumbuh maka kedisiplinan anak juga semakin meningkat. Disiplin adalah kepatuhan dalam mengikuti aturan-aturan dalam belajar

6.      Tidak cepat merasa bosan

Rentan konsentrasi anak tidaklah seperti orang dewasa, mereka relatif singkat tetapi berbeda dengan anak yang tumbuh Minat belajarnya ia akan lebih fokus dan tidak cepat jenuh dengan pelajaran. (Ern)