28 Views

Gemar Membaca Dapat Menyehatkan Otak

gemar membaca

Tahukah Ayah bunda, hasil survei UNESCO (United Nations Educational, Scientific And Cultural Organizatio)tahun 2011 menyatakan bahwa Minat membaca masyarakat indonesia hanya 0,0001, berarti dari seribu orang hanya satu orang saja yang memiliki Minat membaca. Ini menandakan bahwa Minat membaca masyarakat masih sangat rendah.  Gemar membaca belum menjadi gaya hidup.

Berbanding lurus dengan semakin banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktu di depan TV, Games, dan interaksi di sosial media. Minat membaca yang kurang sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari budaya yang diterapkan oleh masyarakat, orangtua, sekolah, dan alasan individu itu sendiri.

Lantas kemanakah kita akan mencari solusi dari masalah yang dihadapi? Jawabannya adalah dengan banyak membaca. Seperti halnya memberi makan pada tubuh yang sering kita lakukan, bukan hanya tubuh saja yang butuh makan, tetapi juga pikiran kita juga perlu diberi makan agar tetap sehat.Ternyata kerja otak akan semakin lemah jika ia tidak pernah diberi makan.

Membaca buku akan membuat kita semakin produktif dan otak pun nantinya bisa terbebas dari penyakit yang berkaitan dengan masalah otak. Banyak penelitian yang mengemukakan bahwa jika kita tidak sering mengasah daya ingat yang kita miliki, maka kita mempunyai risiko untuk kehilangan kemampuan mengingat.

Kegiatan membaca benar mampu meningkatkan daya ingat otak, ketika membaca maka otak kita akan mendapat rangsangan-rangsangan teratur yang akan mencegah timbulnya ganguan pada otak termasuk risiko terkena penyakit alzheimer.

Membaca berarti berarti mengambil ilmu-ilmu pengetahuan, ide-ide cemerlang, dan informasi-informasi berharga dan menyimpannya di dalam diri kita. Hal ini tentu saja akan membuat kita cerdas dan menghindarkan kita dari kebutaan ilmu yang akan membuat seseorang jatuh ke dalam kebodohan.

Yuk kita ajak anak agar gemar membaca sejak usia dini, karena membaca bisa menambah ilmu pengetahuan dan tentunya bisa menyehatkan otak. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache