73 Views

Pentingnya Kebiasaan Membaca Bagi Anak

Kebiasaan membaca merupakan suatu kebiasaan yang baik, tetapi juga harus memperhatikan lama waktu membaca. Jangan sampai nantinya terlalu lama dan harus memberikan waktu luang untuk hal yang lainnya. Kebiasaan membaca pada anak tentu harus dilakukan atau diterapkan oleh para orangtua, agar nantinya sebuah kebiasaan yang baik ini dapat diteruskan dalam waktu yang lama. Tentu terdapat beberapa cara yang bisa digunakan.

kebiasaan membaca pada anak

Beberapa cara yang digunakan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca adalah sebagai berikut :

1. Membacakan Buku

Ketika membacakan sebuah buku, pastinya anak akan mendengarkan dengan baik sebuah cerita yang sedang dibacakan oleh orangtua. Kita bisa membangun suasana yang tenang dan lebih memiliki ruang pribadi dengan anak. Hal ini tentu akan menjadikan informasi yang diberikan akan jauh lebih baik. Ketika sudah semakin besar nantinya, kebiasaan membaca menjadi hal akan sering dilakukan oleh anak.

2. Bercerita

Mulailah untuk menceritakan hal yang telah terjadi pada satu hari yang telah dialami oleh anak, karena pada dasarnya anak akan memiliki cara untuk menceritakan sebuah cerita dan menggabungkan sebuah peristiwa yang ada menjadi satu bagian seperti sebuah cerita.

Hal tersebut akan mengingatkan anak tentang buku yang sudah pernah dibacanya dan akan mencari buku lainnya ataupun juga membaca buku yang sama secara berulang. Tentu bukan hal yang mudah untuk memancing seorang anak bercerita. Cara kreatif untuk memancing seorang anak bercerita adalah memberikan kesempatan anak untuk bercerita.

3. Buku Bergambar

Buku cerita bergambar lebih menarik bagi anak dan jika memulainya dengan buku bergambar merupakan satu langkah yang sangat baik. Gambar yang ada di dalam buku dapat membuat anak menikmati buku dan secara tidak langsung nantinya juga akan membaca cerita yang ada. Selain dapat menumbuhkan Minat baca juga dapat menjadikan semakin dekat dengan anak.

4. Memberikan Pertanyaan

Ketika anak selesai membaca buku, orangtua sebaiknya memberikan sebuah pertanyaan dari apa yang sudah dibaca. Hal ini akan membuat anak mengingat lagi apa yang sudah dibaca sebelumnya. Secara tidak langsung juga menjadikan anak untuk melatih daya ingatnya. Kebiasaan membaca juga nantinya akan tumbuh secara sendirinya dan menjadikan anak akan memiliki Minat baca yang tinggi.

5. Berkomentar

Biarkan anak memberikan komentar terhadap sesuatu juga dapat dilakukan. Dengan ini anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Nantinya sebagai orangtua juga dapat memberikan sebuah informasi yang baru dengan mudah.

6. Waktu Membaca

Memberikan waktu untuk membaca sebuah buku. Misalkan meluangkan akhir pekan untuk membaca buku,atau juga bisa memberikan kebebasan untuk membaca buku kapan saja. Tetapi yang terpenting adalah orangtua juga harus memperhatikan buku yang dibaca oleh anak, jangan sampai nantinya membaca sebuah buku yang tidak seharusnya dibaca, karena pada akhirnya akan berdampak sangat buruk, baik itu dalam hal perkembangan mental maupun perubahan sikap yang ditimbulkan.

7. Motivasi

Menumbuhkan motivasi untuk selalu menyempatkan membaca buku juga menjadi satu hal yang penting dan dapat dilakukan oleh orangtua. Anda juga dapat memberikan motivasi dengan cara memberikan sebuah hadiah ketika anak selesai membaca setidaknya satu buah buku. Tentu lama kelamaan bukan hadiah yang dicarinya, tetapi buku apa yang belum sang anak baca pada setiap harinya.

Membaca merupakan satu langkah atau kebiasaan yang menjadikan masa depan anak menjadi lebih baik, karena dengan membiasakan membaca buku, dapat menjadikan tumbuh kembang anak lebih baik dan juga dapat menjadikan anak menjadi lebih disiplin dalam bersikap. Tentu masih banyak manfaat dari kebiasaan membaca buku yang nantinya didapatkan.(CW/Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache