64 Views

Ayo, Biasakan Mendongeng Untuk Anak

Membiasakan dongeng
Membiasakan dongeng setiap hari pada anak akan mengasah kreativitas anak
Tahukah Ayah bunda bahwa dongeng merupakan kegiatan yang dapat menarik perhatian anak dan juga menyenangkan bagi anak-anak. Mendongeng dapat membangkitkan imajinasi anak, tidak hanya itu kita juga tanpa sadar mengajari anak kosakata baru, mengasah memori, logika dan kreativitas anak.

Saat mendongeng kita harus banyak berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak. Dalam hal beriteraksi juga memerlukan tahap-tahap tertentu. Pertama kita bacakan dongeng sederhana dan buat anak menikmati suasana mendongeng. Kedua kita bisa melibatkan anak untuk membangun cerita bersama-sama. Ketiga berikan buah hati kita kesempatan untuk membuat versi dari ceritanya sendiri.

Agar anak menyukai dongeng kita bisa buat mendongeng menjadi rutinitas sehari-hari. Misalnya dalam waktu satu hari siapkan waktu 30 menit untuk mendongeng untuk anak, kita bisa mendongeng tentang apapun yang disukai oleh anak atau kita bisa banyak membaca buku dongeng apabila tidak bisa mendongeng dengan versi sendiri. Banyak sekali buku anak yang dijual dipasaran dan bisa langsung kita terapkan kepada anak.

Buatlah waktu mendongeng menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh anak, tentu saja kita buat suasana yang nyaman untuk anak. Jika anak bosan mendongeng di rumah kita juga bisa mengajak anak ke taman sambil bermain ayunan, namun tentu saja kita juga harus duduk berdekatan dengan anak agar anak mendengar suara dan melihat mimik wajah kita dengan jelas.

Bantulah anak memahami dongeng dengan beberapa alat peraga, bisa menggunakan boneka tangan, kartu bergambar, atau mainan kesayangan anak. Itu semua akan memudahkan anak mengingat tokoh, membayangkan kejadian dan mengikuti alur ceritanya. Saat mendongeng kita juga harus memvariasikan nada dan intonasi suara saat membawakan karakter berbeda, agar jalan cerita dongeng yang kita buat tidak membosankan. Yuk kita biasakan mendongeng untuk anak. (Ern)