106 Views

Ayo Temani Anak Mengerjakan Permainan Rumah (PMR)

Permainan Rumah
Ayo temani anak mengerjakan permainan rumah!
[yuanitasukmawati.blogspot.co.id]
Ayah bunda, sejak kecil tanamkan pada anak untuk dapat menentukan prioritas ketika mengerjakan tugas. Kita bisa mulai mengajak anak berpikir untuk menentukan mana tugas yang harus segera diselesaikan dan mana tugas yang membutuhkan waktu lebih lama sehingga tidak baik jika dikerjakan terburu-buru.

Dalam mengerjakan tugas di rumah, pilihlah tempat belajar yang tepat, yaitu tempat belajar yang nyaman dan tenang, jauhkan dari televisi dan mainan yang dapat mengalihkan dunia anak. Jangan lupa sediakan selalu kertas, pensil, krayon, dan alat tulis lainnya dalam jangkauan anak agar tidak perlu repot untuk mencari kembali.

Saat anak mengerjakan permainan rumah, kita sebagai orangtua sebaiknya juga melibatkan diri untuk ikut ataupun menemani anak dalam proses mengerjakan tugas. Ketika anak tidak memahami apa yang dikerjakan mereka tidak akan segan untuk bertanya. Namun kita harus memastikan untuk tidak memaksakan anak untuk belajar apalagi di saat anak mulai merasa lelah.

Jadilah motivator untuk anak, berikan support dan periksa permainan rumah yang dilakukan anak ketika selesai, berikan pujian dan pelukan saat anak mampu mengerjakan tugas dengan baik. Ayah bunda yang paling penting dalam proses belajar anak janganlah selalu berorientasi pada hasil atau nilai yang bagus. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki kemampuan dan Minatnya masing-masing. (Ern)