7 Views

Ayo Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia

Banyak orang yang mengatakan bahwa hobinya adalah membaca, tetapi berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh lembaga internasional UNESCO, budaya membaca masyarakat di tanah air masih tergolong rendah, yaitu urutan ke 38 dari 39 negara yang disurvey.  Hal itu merupakan gambaran seperti apa Minat baca masyarakat di sebuah negara.

minat baca masyarakat

Maka dari itu penting sekali meningkatkan Minat baca di masyarakat mengingat buku adalah salah satu medium pendidikan yang handal. Membaca membuat seseorang menjadi lebih cerdas, mempunyai wawasan luas, serta mempunyai sudut pandang yang lebih bijaksana dalam memandang setiap permasalahan. Kita bisa memulai dari diri-sendiri.

Bila ingin berkontribusi pada kemajuan bangsa satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan rajin membaca. Bila selama ini Anda belum terbiasa, beberapa tips berikut ini akan membantu Anda.

Menyediakan waktu khusus

Agar bisa memulai kebiasaan membaca, alokasikanlah waktu untuk membaca, misalnya 15 hingga 20 menit setiap hari. Nah agar lebih bersemangat pilihlah buku dengan tema yang Anda sukai, sehingga Anda bisa semakin menikmati kegiatan membaca, sedikit demi sedikit bisa menambah waktu yang sediakan untuk membaca.

Membeli buku

Saat ini jumlah buku berkualitas yang diterbitkan di tanah air semakin bertambah, dan salah satu cara meningkatkan Minat baca adalah dengan rajin membeli buku. Tak perlu terlalu banyak, tetapi usahakan untuk membeli buku yang direkomendasikan setiap sekali seminggu. Ketersediaan buku-buku yang bagus di rumah tentu mau tak mau akan “memaksa” Anda untuk membaca agar tak merasa sayang telah mengalokasikan dana untuk itu.

Memanfaatkan waktu menunggu

Dalam keseharian kita sering sekali diharuskan untuk menunggu baik itu saat di bank, praktek dokter, kantor pos, restoran, halte, atau yang lainnya. Mulai saat ini manfaatkan waktu menunggu tersebut dengan membaca daripada memainkan ponsel Anda. Selain lebih bermanfaat Anda tak akan merasa bosan walaupun harus menunggu dalam waktu lama.

Rekomendasi

Pilihlah buku yang direkomendasikan atau buku-buku dengan penjualan terbaik. Logikanya buku yang banyak diminati orang adalah buku yang bagus sehingga Anda bersemangat membacanya. Kadang-kadang salah satu penyebab kita malas membaca adalah karena kualitas buku yang tengah kita baca memang kurang bagus.

Membaca menjelang tidur

Bila alasan Anda selama ini jarang membaca buku adalah karena kesibukan, maka cobalah untuk membaca selama beberapa menit menjelang tidur atau saat tengah beristirahat. Upayakan untuk disiplin dalam menjalankan aktifitas baru ini.

Membuat target

Agar cara meningkatkan Minat baca ini membawa hasil sebagaimana yang Anda kehendaki Anda bisa membuat target dalam membaca. Misalnya dalam satu bulan harus membaca hingga habis sebuah buku dan bila Anda sukses dengan target pertama tersebut, terus tambahkan target Anda berikutnya, dengan demikian lambat laun Anda akan terbiasa membaca.

Bergabung pada komunitas

Meningkatkan Minat baca akan lebih menyenangkan bila dilakukan bersama-sama dengan orang lain yang juga mempunyai tujuan yang sama. Maka dari itu bergabunglah dalam komunitas membaca. Di sana Anda tak hanya beraktifitas membaca buku tetapi juga melakukan bedah buku serta berdiskusi. Asyik bukan? Selain memperoleh manfaat dari membaca buku Anda juga bisa memperluas pergaulan.

Nah, demikianlah beberapa cara meningkatkan Minat baca yang dapat kita mulai dari diri-sendiri. Selanjutnya kita dapat menularkan kebiasaan baik tersebut pada orang-orang terdekat kita dan masyarakat lainnya. (PK/Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache