56 Views

Bagaimana Agar Anak Dapat Bersosialisasi?

Bersosialisasi
Melatih anak bersosialisasi harus dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan karakter anak.
[www.bidanku.com]
Ayah bunda yang berbahagia, sangat penting untuk melatih anak agar dapat bersosialisasi dengan lingkungan tempat ia berada. Banyak hal yang bisa mereka pelajari dengan bersosialisasi, seperti sikap toleransi, empati, saling berbagi dan sebagainya. Hal ini sangat diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Mengingat usia anak yang masih dini, saat fokus anak sebagian besar masih pada diri sendiri, maka sangat diperlukan peran orangtua dalam mendorong dan mengajak anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya kita jangan langsung mengajak anak untuk bersosialisasi dengan banyak teman sekaligus, karena jika anak langsung dihadapkan dengan banyak teman baru yang belum ia kenal dapat membuat anak bingung, takut, bahkan menjadi sulit untuk diarahkan.

Saat anak-anak berkumpul dalam jumlah banyak, mereka cenderung bermain sendiri semau mereka atau berkelahi memperebutkan mainan, bahkan tidak sedikit kasus anak memperoleh kosakata baru berupa kata-kata kotor yang berasal dari teman-temannya. Tentu kita sebagai orangtua tidak menghendaki anak kita terkena dampak buruk dari proses sosialisasi yang tidak terkontrol bukan?

Anak-anak mencontoh sikap dan perilaku orang dewasa yang ada di sekitarnya, untuk itu jadilah contoh yang baik bagi mereka. Tunjukkan kepada anak bagaimana bersikap dan berperilaku baik kepada oranglain. Mengenalkan anak dengan lingkungan baru, mungkin akan membuat anak kaget pada awalnya, karena itu melatih anak bersosialisasi harus dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan karakter anak.

Tiap anak memiliki karakter yang berbeda sehingga cara pendekatan yang diberikan harus sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Saat anak melakukan hal baik jangan lupa untuk memberikan reward berupa pujian kepada anak agar anak termotivasi untuk selalu berbuat baik. Salam biMBA. (LPH/Ern)