31 Views

Bagaimana Belajar yang Tepat Sasaran?

Tahukah bahwa Minat belajar merupakan salah satu komponen terpenting yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Sebelumnya kita harus memperhatikan apa alasan yang menjadikan anak berkurang bahkan hilang semangat belajarnya, setelah itu kita ambil langkah yang tepat agar upaya menumbuhkan Minat belajar sesuai sasaran. Apa saja langkahnya?

Belajar yang Tepat Sasaran

Menyesuaikan tahap perkembangan anak

Didiklah anak kita dengan cara yang paling sesuai dengan keunikan anak. Sebab itu sangat penting untuk mengetahui kebutuhan anak pada setiap tahap perkembangannya. Belajar adalah proses yang aktif dimana anak berinteraksi dengan lingkungannya untuk mengatasi permasalahan, ia akan menemukan pengetahuan demi pengetahuan.

Tugas kita bukanlah memberikan pengetahuan, melainkan menunjukkan atau memberikan saran yang bisa merangsang Minat anak. Tentu saja kita perlu mencermati metode belajar yang sesuai untuk setiap tahap perkembangan anak.

Metode yang tepat

Proses belajar yang menyenangkan sudah terbukti dapat menumbuhkan Minat belajar anak, agar menyenangkan maka harus dilalui secara bertahap, sesuai dengan keinginan dan kesukaan anak, terakhir proses belajar harus berpusat pada anak sebagai subjek belajar.

Aspek lainnya adalah dengan menerapkan cara belajar yang bervariasi agar anak tidak cepat bosan. Apabila metode belajar sudah tepat juga harus didukung oleh media belajar, bisa melalui gambar-gambar, lagu-lagu, buku, permainan edukatif dan lain sebagainya.

Pahami kondisi lingkungan

Tidak dipungkiri lingkungan juga membentuk diri anak, terlebih anak usia dini yang masih ikut-ikut. Karakter dan jati diri anak belum terbentuk dengan sempurna, disaat seperti ini kita harus bisa menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak. Berikan kasih sayang dan perhatian yang cukup. (Ern)