220 Views

Bagaimana Cara Belajar 100% Fun Learning?

Belajar
Proses belajar yang menyenangkan dapat meningkatkan Minat Belajar anak [http://smppupukkujang.sch.id]
Belajar adalah menyenangkan. Apakah Ayah bunda setuju dengan pernyataan tersebut? Yap, proses belajar yang menyenangkan dapat meningkatkan Minat Belajar anak lho! Mengapa Minat Belajar itu penting? Karena Minat merupakan keinginan atau kemauan yang timbul dari dalam diri anak tanpa adanya unsur paksaan.

Nah, ketika Minat belajar sudah tumbuh sudah pasti anak akan senang belajar, senang latihan sehingga akan terjadi perubahan tingkah laku pada anak, baik dari aspek pengetahuan (kognitif), sikapnya (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Bagaimana caranya agar belajar menyenangkan sehingga bisa membuat anak tumbuh Minat belajarnya? Yuk kita simak:

Bermain sambil belajar

Anak memiliki hak untuk belajar dan bermain, tetapi nyatanya anak lebih senang bermain bukan? Tidak ada yang salah dengan itu, karena bermain juga memiliki dampak yang baik untuk anak. Bermain sambil belajar adalah konsep yang dilakukan biMBA-AIUEO agar Minat belajar anak bisa tumbuh sehingga anak menjadi seorang pembelajar mandiri sepanjang hayat.

Tahukah bahwa dengan bermain sambil belajar akan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengulang-ulang, bereksplorasi, mempraktekkan berbagai macam permainan, dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Bermain dan belajar berhubungan erat dengan kegiatan yang menyenangkan, semakin sering otak bekerja maka anak akan mahir dan terampil sehingga berpengaruh pada perkembangan Minat anak.

Permainan Edukasi

Berikan anak pembelajaran yang mengandung permainan edukasi sesuai dengan perkembangan anak karena setiap anak memiliki kemampuan dan ketertarikan bermain yang berbeda. Permainan edukasi dapat merangsang perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan fisik.

Dalam menentukan permainan yang edukasi kita harus pintar dalam memilih, tidak semua yang harganya mahal bersifat mendidik, bisa jadi itu hanya menanamkan sifat konsumtif pada anak. Berikanlah anak media yang dapat mendukung perkembangan kepribadian anak, intelektual, sosial, moral, dan emosional anak.

Permainan edukasi harus dapat mengembangkan sikap produktif pada diri anak, sehingga permainan tersebut akan mengena dan tersimpan di memori anak dan anak akan berinovasi atau menciptakan sesuatu yang baru. Permainan tersebut harus memperhatikan sisi kesukaan anak, diharapkan anak merasa senang meskipun tanpa sadar permainan tersebut bermanfaat untuknya.

Menerapkan Metode biMBA

Belajar sambil bermain artinya fokus pada kemampuan anak sehingga anak akan kesulitan dan merasa terbebani. Namun ketika bermain sambil belajar maka fokus utamanya ada pada Minat. Anak melakukan kegiatan apapun yang menyenangkan baginya tanpa memikirkan masa yang akan datang seperti yang dilakukan oleh biMBA-AIUEO.

Diawali dengan proses belajar yang 100 persen menyenangkan. Mengapa demikian? karena dunia anak adalah dunia bermain maka dari itu kegiatan belajar harus seperti bermain yang bersifat menyenangkan dan tidak memaksa anak.

Syarat agar belajar dapat menyenangkan harus melalui proses belajar yang bertahap sesuai dengan kemampuan dan kesukaan anak, dengan ini anak akan mudah memahami materi yang diberikan. biMBA memiliki kurikulum secara bertahap sehingga mudah dipelajari oleh anak.

Kemauan dan kemampuan setiap anak berbeda-beda maka dari itu anak harus menjadi subjek belajar, dengan itu kebutuhan, keinginan dan karakter anak harus diperhatikan, seperti kebutuhan anak bermain. Namun, bermain di biMBA bukanlah bermain ayunan, perosotan dan lain-lain tetapi kegiatan apapun yang bisa menyenangkan untuk anak adalah bermain.

Apabila proses belajar sudah menyenangkan, bertahap dan anak menjadi subjek belajar maka harus ditunjang oleh kemampuan kita dalam memvariasikan kegiatan belajar. Anak cenderung memiliki sifat yang mudah bisa, ia tidak bisa dipaksa untuk berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Nah tugas kita adalah memvariasikan kegiatan belajar agar anak tidak jenuh.

Motivasi

Sebagai orang dewasa sudah sepatutnya kita memberikan semangat dan mendukung kegiatan apapun yang disukainya. Hubungan yang harmonis dengan anak adalah syarat agar kita bisa memahami karakter anak, apa keinginannya, apa kesukaannya, apa yang ingin dilakukan anak.

Memberikan motivasi atau dorongan Minat belajar kepada anak harus disesuaikan dengan karakter anak yang bersangkutan, anak akan merespon dengan perasaan senang sehingga anak memiliki Minat belajar dan tertanam cita-cita yang tinggi. Tetap semangat dan terus belajar.

Tips bermain sambil belajar ala biMBA-AIUEO

1. Dialog

Dialog adalah hal penting karena dengan melakukan dialog atau percakapan anak akan mudah terbuka, jujur dan dapat berpikir kritis. Berdialog menggunakan bahasa biMBA lebih mempermudah anak belajar, mulai dari mengenalkan huruf dan angka. Dialog juga membuat anak mengenal dunia dan mampu menghargai perbedaan.

2. Bercerita

Cerita adalah sebuah alat yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah pesan kepada anak. Bisa menceritakan perbuatan, pengalaman, atau kejadian-kejadian. Anak akan banyak belajar dari apapun yang diceritakan tentu saja cerita yang digunakan harus baik dan bermanfaat.

3. Lagu/Bernyanyi

Anak pada usia dini lebih banyak belajar dari apa yang dilihat dan didengar, lewat nyanyian dan lagu yang diperdengarkan adalah proses belajar verbal, apalagi bernyanyi membuat suasana riang gembira dan tidak membuat anak cepat bosan.

4. Dongeng

Dongeng bisa membantu mengoptimalkan perkembangan psikologis anak dan kecerdasan anak secara emosional. Selain itu dengan berdongeng akan merangsang keterampilan berbahasa dan mengembangkan daya imajinasi anak.

5. Permainan

Permainan memungkinkan anak-anak untuk mengekspresikan diri mereka, memancing rasa penasaran anak lewat teka-teki yang ada dalam permainan, dan lain sebagainya.

2 Komentar