35 Views

Bagaimana Cara Membaca yang Efektif?

Bagaimana Cara Membaca yang Efektif?
Membaca yang Efektif

Banyak orang tidak mau membaca buku karena cara membaca yang tidak efektif, mereka menganggap ketika menghabiskan satu buku saja termasuk prestasi yang luar biasa, bagaimana dengan anak?  Apakah kita juga mendidiknya hanya puas membaca satu buku? Bukan hanya itu terkadang pemahaman yang didapatkan dari membaca hanya sekadar membunyikan kata tanpa memahami apa yang dibacanya.

Dari kejadian itu anak merasa tidak mendapat apa-apa dari apa yang dibaca, sehingga anak mulai berpikir membaca itu membosankan, sulit dipahami dan tidak menyenangkan. Apalagi hal ini juga didukung oleh perbendaharaan yang minim ataupun bahan bacaan yang berat.

Inilah yang menjadi alasan anak enggan membaca buku, membaca menjadi aktivitas yang menyiksa dan beban berat untuk anak. Jika anak memiliki beban mental dalam membaca tentu saja proses belajar menjadi tidak menyenangkan. Apabila masalah ini tidak diatasi, akan sulit bagi anak untuk membangun kebiasaan membaca dengan sukses.

Ayah bunda apabila kita sudah menemukan alasan mengapa anak tidak suka membaca, kita bisa menggalinya dengan cara melakukan pendekatan kepada anak. Memang dibutuhkan perjuangan untuk mengubah proses belajar membaca menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Namun, tidak mudah bukan berarti tidak bisa dilakukan. Hal yang harus diubah ada cara mendidik anak harus melalui proses yang menyenangkan, bertahap, dan pendekatan terhadap anak. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)