23 Views

Bagaimana Merangsang Daya Kreativitas Anak?

Tahukah Ayah bunda, bahwa kreativitas merupakan kemampuan mental dari berbagai jenis keterampilan yang dapat melahirkan pengungkapan yang unik, berbeda, indah dan tepat guna. Banyak dari kita yang tidak membebaskan anak untuk mengungkapkan diri, kita sering menganggap pikiran kita adalah yang terbaik sementara anak merasa lebih tahu dengan apa yang dipikirkan dan diperbuat.

kreativitas

Batasan dari kita inilah yang sebenarnya tidak merangsang kreativitas anak, ketika batasan diperlonggar maka anak akan lebih bebas untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan dirinya. Misalnya ketika anak memilih warna kuning untuk mewarnai daun di bukunya, kita jangan langsung menyalahkan dan mengganti dengan warna hijau karena imajinasi kita tidaklah sama dengan anak.

Apabila kita menyalahkan anak karena hal tersebut, itu sama saja memasung daya kreativitasnya. Lama-kelamaan akan timbul dalam diri anak ketika sering disalahkan maka kreativitas anak akan berhenti, karena dalam pikirannya ketika anak melakukan kegiatan seni tidak dibenarkan oleh orang dewasa.

Ayah bunda, kecerdasan anak juga harus diiringi dengan aktivitas seni. Hal ini akan merangsang daya kreativitas buah hati kita. Kegiatan kreatif juga termasuk kegiatan yang menyenangkan dan memberikan kepuasan batin secara khusus kepada anak saat dapat merasakan hasil kreasinya. Tentu saja anak akan semakin bahagia jika hasil kreasinya ada yang menerima dan menghargai. (Ern)