37 Views

Bagung Prembun Menggeliat

DSC00441(1)

Seperti apa Bagung Prembun menggeliat?

Mengubah pola pikir masyarakat bukanlah hal yang mudah. Kalau tidak ditentang, tentu tidak direspon. Itu merupakan tantangan bagi Bapak Nurwanto Latip dan Ibu Atik yang harus dijawab dengan pemikiran dan kerja keras yang tulus ikhlas.

“Orang di sini, umumnya tidak mau berterus terang dan lebih banyak diam. Andaikan mereka mau berterus terang mengenai kesulitan ekonomi, misalnya, tentu kita dapat mencari jalan keluarnya,” demikian yang disampaikan Bapak Nurwanto saat mengungkapkan salah satu kendala dalam pengembangan biMBA-AlUEO di daerahnya.

Penentuan besaran SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) menjadi satu hal yang tidak mudah bagi Bapak Nurwanto.   biMBA-AlUEO unit Bagung Prembun adalah unit pertama Bapak Nurwanto Latip dan Ibu Atik.

“Awalnya kami menyelenggarakan bimbingan minat baca di musholla seperti TPA (Taman pendidikan Al Qor’an),” Pak Nurwanto mulai menuturkan.

“Meskipun agak lambat dan perlahan, pertambahan jumlah murid pun mulai tampak sejalan dengan waktu, “ Ibu Atik menambahkan.

Segala kendala dalam proses bimbingan minat yang dihadapi oleh Bapak Nurwanto dan sang istri justru menjadi pemicu semangat. Setelah dirasa jumlah murid cukup banyak dan segala persiapan memadai, maka dibukalah unit Bagung Prembun.

Saat ini jumlah murid  biMBA-AlUEO Unit Bagung Prembun sebanyak 45 anak. Meski belum berarti apa-apa, namun jumlah itu merupakan hasil segala usaha yang telah dilakukan.  Bahkan saat ini Bapak Nurwanto telah membuka 6 unit biMBA-AlUEO yang tersebar di Kebumen dan Purworejo Jawa Tengah dengan jumlah murid berkisar antara 40-45 anak setiap unit yang didampingi oleh dua orang motivator.

Bapak Nurwanto beserta istri tidak berpuas diri, karena masih terlalu banyak anak-anak usia dini di daerahnya yang belum terlayani oleh biMBA-AlUEO.  Hal ini merupakan tantangan yang perlu dijawab dan di atasi. (Wy/Nikk)

Suasana Belajar di Dalam Kelas
Suasana Belajar di Dalam Kelas
DSC00463(1)
Pengelola dan Motivator biMBA-AIUEO Unit Bagung Prembun

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache