275 Views

Banyak Cara Untuk Belajar Bahasa Inggris Bersama Anak-anak Kita

Apa saja Cara Untuk Belajar Bahasa Inggris Bersama Anak-anak Kita?
IMG_8477

Berbahasa Inggris merupakan nilai ‘plus’ bagi setiap orang, tak terkecuali untuk anak-anak. Temtu saja tak ada orang tua yang tak berbangga hatinya ketika mendaptkan anak-anaknya bisa ‘casciscus’ berbahasa Inggris. Untuk itu mari kita sebagai orang tua yang bijak mendukung segala aktivitas anak-anak kita untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas, termasuk untuk bisa berbahasa inggris.

Menjadi sesuatu yang sangat mudah apbila kita selaku orangtua mengetahui dan juga memahami mengenai cara-cara menyampaikan atau belajar Bahasa Inggris ini. Melalui segmen ini saya ingin mengajak orang tua untuk mengenal lebih dalam tentang cara-cara apa saja yang bisa kita lakukan dengan mudah bersama anak-anak kita dalam mempelajari Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa kedua bagi kita setelah Bahasa Indonesia sebagai ‘Mother Tongue’ atau ‘Bahasa Ibu’ buat kita. Berikut cara-cara untuk mempelajari Bahasa Inggris bersama dengan anak-anak kita supaya lebih bervariasi dan menyenangkan :

1. Fun Singing

Dalam Bahasa Indonesia, ini diterjemahkan dengan ‘Bernyanyi’. Kita yakin bahwa kemampuan musikal anak-anak usia dini sama halnya seperti kemampuan dasar mereka untuk berjalan dan berbicara, semua anak bisa belajar bernyanyi sesuai dengan nada, bisa berirama, dan mereka pasti suka dengan musik atau lagu. Banyak sekali lho lagu-lagu anak-anak yang menggunakan berbahasa Inggris. Dengan teknologi masa kini yang sangat canggih begitu memudahkan kita sebagai orangtua untuk mendapatkan lagu-lagu tersebut.

2. Fun Story atau Story Telling

Ayah dan Bunda bisa mencari cerita-cerita pendek dalam Bahasa Inggris. Dibacakan dalam Bahasa Inggris terlebih dahulu dengan pelan-pelan dan dengan pelafalan yang jelas kemudian ayah dan bunda bisa menerjemahkannya. Jangan lupa kita bisa mengulang-ulang beberapa kata kunci yang bisa ditemukan dalam cerita tersebut. Boleh juga mengajak anak-anak untuk mengulang pengucapan dan terjemahannya. Tentu saja ayah dan bunda jangan lupa untuk menyesuaikan cerita yang diberikan dengan usia si anak.

3. Dialogue/Conversation

Bisa dimulai dengan percakapan-percakpan pendek dahulu. Seperti membiasakan anak kita untuk saling menyapa dan memberikan respon dari ekspresi-ekspresi atau ungkapan-ungkapan sederhana. Misalnya, membiasakan anak melakukan ‘Greeting’ atau sapaan seperti ‘Good Morning!, Thank You!’, ‘You are welcome!’, dan masih banyak lagi. Ungkapan-ungkapan tersebut adalah ‘Daily Habitual Action’, yaitu yang dilakukan sebagai kebiasaan kita di rumah atau juga di luar rumah dalam keseharian kita. Mudah kan ayah dan bunda? Mari,kita terapkan dari sekarang sehingga anak-anak pun menjadi terbiasa.

4. Art and Craft

Ajak anak-anak berkreasi dengan bahan-bahan yang mudah didapat dari sekitar kita, semisal bahan-bahan alam di sekitar kita. Selain mengajarkan satu kata (vocab) atau lebih dalam Bahasa Inggris kepada anak-anak, kita juga mendapatkan manfaat lain untuk anak-anak kita yaitu bisa mengasah ketrampilan ‘Fine Motoric’ atau ketrampilan halus/jari-jari tangan mereka juga ketrampilan imaginasi mereka. Misalnya ajak anak-anak membuat mozaik berupa pohon, di saat yang bersamaan kita bisa mengucap beberapa bagian-bagian pohon dalam bahasa Inggris sambil berkarya. Kita bisa sampaikan dengan cara berikut, misalnya: ‘Artha, This is tree. And this leaf’.. (apa coba diulang?)…Yes, mum, tree, leaf (bisa sambil menunjuk bagian karya dia). Asyik kan, ayah dan bunda? Mari kita coba!

5. Fun Pictures

Simbol bisa berupa angka dan huruf. Untuk mengenalkan dan mempelajari kedua hal tersebut, anak-anak bisa diajak belajar Bahasa Inggris melalui gambar-gambar yang menarik. Gambar yang menarik akan membantu anak-anak semakin ingintahu ‘Apa Ini/Itu?’. Semakin besar ingin tahu mereka yang terjawab, maka semakin banyak pula informasi dan pengetahuan yang dia peroleh. Dengan menggunakan ‘Flashcards’ atau kartu-kartu bergambar akan membantu kita sebagai orangtua untuk mengajak anak-anak kita menyukai Bahasa Inggris.

6. Role Play

Role Play adalah bermain peran. Di usia dini, temtu saja anak-anak suka sekali dengan kegiatan ini. Bukankah sering kita lihat ketika mereka bermain sendiri mereka bicara sendiri, atau ketika mereka bermain bersama teman-temannya. Mereka bisa berpura-pura menjadi penjual dan pembelinya. Nah, sepertinya orangtua bisa melakukannya dengan anak-anak di waktu senggang. Anak-anak pasti akan senang ketika kita ikut bersama mereka melakukan aktivitas yang sedang mereka lakukan dan mereka sukai. Misalnya dengan sambil bermain masak-masakan, kita bisa berpura-pura berperan sebagai ‘chef’, lalu kita sisipkan percakapan-percakapan pendek atau kata-kata (vocab) yang berhubungan dengan ‘Food’ atau makanan seperti; egg, salt, oil, pan, stove, dll.

7. Practical Life

Practical life merupakan ketrampilan hidup. Maksudnya apa ya ayah dan bunda? Dan apa hubungannya dengan belajar Bahasa Inggris? Sebenarnya ini sangat mudah ayah dan bunda karena kita bisa belajar Bahasa Inggris sambil berpraktek dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan, sebagai orang tua kita bisa membuat tema harian untuk belajar Bahasa inggris. Tema ini dibuat melalui memasak, cara mengupas pisang/jeruk, cara memakai baju atau sepatu, membuat kue, atau mendekorasi kue. Selain belajar Bahasa Inggris, anak-anak juga belajar untuk menggunakan semua panca inderanya, dari penciuman, perasa, penglihatan, pendengaran, dan peraba.

biMBA-AIUEO sendiri dalam waktu dekat akan menyediakan fasilitas ‘biMBA-English’, yaitu kelas biMBA-AIUEO yang metode dan pembelajarannya merupakan penggabungan metode biMBA-AIUEO yang digunakan dalam bahasa internasional, bahasa Inggris. Ayah dan bunda tinggal tunggu tanggal mainnya saja ya. Salam biMBA, tetap semangat dan terus belajar.(Vebi)

1 Komentar