117 Views

Belajar itu Hak atau Kewajiban Bagi Anak?

Anak adalah anugerah  dari Tuhan yang Maha Kuasa, yang diamanahkan kepada setiap orang dewasa 

( 7 Nilai dasar biMBA)

 

Definisi Anak

Anak merupakan makhluk yang membutuhkan pemeliharaan, kasih sayang serta tempat yang dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan dan membangun karakternya.

Anak bukanlah miniatur orang dewasa!   Mereka memiliki fikiran, perasaan dan sikap yang berbeda dengan kita.

Anak adalah pribadi yang masih bersih dan peka terhadap rangsangan-rangsangan yang berasal dari lingkungannya.   Ia terlahir sebagai pembelajar dan ia pun akan belajar dari kehidupannya.

Belajar itu Hak atau Kewajiban bagi Anak?

Hak adalah kepentingan  individu yang harus dipenuhi.  Bukan sekedar penjelasan tentang maknanya saja, tetapi juga menjadi acuan koreksi terhadap pemahaman kita yang salah selama ini, bahwa Belajar Bukanlah KEWAJIBAN ANAK melainkan HAK ANAK yang wajib kita penuhi  sebagai orang dewasa.

Berdasarkan pemahaman itu, maka bentuk belajar  seperti apa yang bisa memenuhi hak anak?

Bermain sambil belajarlah yang merupakan format  yang tepat bagi anak! Didalamnya ada proses belajar yang sepenuhnya menyenangkan (Fun Learning) dan terdapat  rasa Cinta dan Kasih Sayang.  Ini merupakan salah satu syarat mutlak dalam memenuhi Hak anak.

Penjelasan itu semakin menumbuhkan keyakinan bahwa biMBA (bimbingan MINAT Belajar Anak) memenuhi semua hak anak.   Mengapa biMBA?

Karena biMBA berorientasi kepada MINAT, sehingga prosesnya wajib 100% Fun Learning!  Itu  berarti harus Full Love untuk anak.   Agar tercipta suasana 100% Fun Learning maka wajib Small Step System, dimana merupakan satu-satunya metode yang mengikuti kemampuan anak.  Pendekatannya pun Wajib Individual System, dimana anak sebagai Subjek Belajar, sedangkan Guru berperan sebagai Fasilitator sekaligus Motivator.

Belajar adalah upaya memperbaiki diri menjadi pribadi yang bahagia dan membahagiakan orang lain. Bersama  bimbingan Minat Belajar Anak (biMBA) kita berikan hak mereka, yaitu belajar yang seratus persen menyenangkan dan penuh kasih sayang, dengan harapan mereka akan  mencintai belajar, hingga kelak anak-anak/peserta didik kita  menjadi Generasi Pembelajar Mandiri Sepanjang Hayat.(Fauziah)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache