44 Views

Belajar Kesenian Tradisional, Seruuu!

Murid biMBA Kebantenan dan biMBA Harapan Mulya mempelajari kesenian tradisional

Mengenal budaya daerah ternyata menyenangkan lho. Buktinya Murid biMBA Kebantenan dan biMBA Harapan Mulya berkesempatan untuk mempelajari kesenian tradisional lewat karya wisata sekaligus bertamasya bersama. Kali ini mereka belajar budaya Jawa Barat dengan antusias. Kegiatan ini berlangsung di Kampung Wisata Cinangneng, Bogor, pada Sabtu, 14 Oktober 2017.

135 murid biMBA yang hadir diperkenalkan dengan alunan musik tradisional berbahan dasar bambu, yaitu angklung. Awalnya mereka menyimak penjelasan dari instruktur yang mereka panggil Mamang dalam bahasa sunda, kemudian mulai menggerakkan angklung di tangannya sehingga menciptakan melodi musik ‘Burung Kakak Tua’. Setelah itu Mamang juga mengajarkan bernyanyi menggunakan bahasa sunda, lho. Sulit tetapi seru.

Astuti Pudjiati selaku Kepala Unit biMBA Kebantenan memberikan pemaparan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk murid-muridnya, “Anak mengenal pedesaan, mengenal musik dan tarian tradisional, bahkan belajar membuat makanan dan minuman daerah. Anak-anak senang sekali melakukan kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, mereka jadi banyak belajar,” ujarnya saat diwawancarai Tim Redaksi Majalah Sahabat biMBA.

Keseruan berakhir, sebab murid biMBA juga diajak berkreasi membuat wayang dari batang daun singkong, mewarnai caping, membuat makanan dan minuman tradisional. Mereka diajarkan cara membuat wedang jahe dan kue bugis, sebelumnya mereka diperkenalkan bahan-bahan apa saja yang digunakan dan diberi kesempatan mencicipi makanan hasil buatannya sendiri, lho. Asyiknya.

Selain itu, bermain gamelan dan menari Jaipong khas Jawa barat merupakan bagian dari kegiatan. Murid biMBA melenggak-lenggokan tubuhnya mengikuti gerakan instruktur, para orangtua ikut tertawa melihat tingkah lucu anaknya. Setelah itu anak-anak diajak berjalan kaki keliling perkampungan untuk berinteraksi dengan warga setempat, mengunjungi kerajinan tangan. Sepanjang perjalanan itu mereka melintasi persawahan dan dengan senang hari ikut serta bercocok tanam dan memandikan kerbau. (Ern)

Antusiasme murid biMBA Kebantenan dan biMBA Harapan Mulya mengenal kesenian tradisional melalui karya wisata
Antusiasme murid biMBA Kebantenan dan biMBA Harapan Mulya mengenal kesenian tradisional melalui karya wisata
Belajar Jaipong tarian tradisional Jawa barat
Belajar Jaipong tarian tradisional Jawa barat
Bermain gamelan alat musik tradisional Jawa Barat
Bermain gamelan alat musik tradisional Jawa Barat
Mewarnai caping
Mewarnai caping
Bercocok tanam dan memandikan kerbau
Bercocok tanam dan memandikan kerbau

Tinggalkan Balasan