12 Views

Benarkah Bermain Tidak Memiliki Manfaat?

Ayah bunda beberapa orang melarang anak bermain dengan berbagai alasan, salah satunya adalah karena banyak membuang waktu. Ternyata bermain memiliki manfaat untuk perkembangan anak dan merupakan pengalaman belajar yang baik, maka dari itu paradigma bermain tidak bermanfaat harus dihilangkan.

bermain

Anak memiliki hak untuk bermain, dengan kegiatan bermain mereka dapat mengembangkan bermacam aspek perkembangan, baik itu sensorik, motorik, emosi, pengetahuan, keterampilan bahkan kecerdasan. Bukan hanya itu anak belajar untuk bersosialisasi dan dapat menambah perbendaharaan kosa kata.

Ayah bunda, jangan terjebak dengan anggapan bahwa bermain itu tidak baik, justru dengan bermain anak bisa belajar banyak hal. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Apa saja manfaatnya?

Kepercayaan Diri Anak akan Berkembang

Permainan dapat mendorong berkembangnya keterampilan, sosial, fisik dan intelektual. Dapat terlihat dari cara anak mendekati dan bersama dengan temannya, ia bernegoisasi ataupun berkompromi. Di saat anak mengalami kegagalan saat melakukan permainan, akan membantunya menghadapi kegagalan di masa akan datang serta bertanggung jawab.

Melatih Mental Anak

Ketika anak bermain ia berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan dalam dirinya, mereka dapat belajar mengekspresikan pengetahuan yang dimiliki sekaligus mendapat pengetahuan baru.

Meningkatkan Daya Kreatifitas

Bermain dapat meningkatkan daya kreatifitas dan daya analisa anak. Kreativitas anak semakin berkembang melalui permainan, ide yang keluar dari pikiran mereka. Bermain juga dapat melepas stres yang biasanya disebabkan rutinitas harian anak yang membosankan.

Memperkuat Motorik Anak

Anak semakin terlatih dalam menyeimbangkan motorik halus dan kasar, hal ini sangat mempengaruhi perkembangan psikologisnya. Permainan akan memberikan anak kesempatan untuk belajar menghadapi situasi sekaligus memecahkan masalah, maka itu ia menganalisa dan memahami masalah untuk mencari solusinya.

Nah banyak sekali bukan manfaatnya. Jadi janganlah melarang anak bermain karena bermain memiliki aspek yang menyenangkan dan bisa menguji kemampuan anak berhadapan dengan oranglain dengan begitu kesempatan dalam mengembangkan otak kanan anak akan semakin terasah.

Ayah bunda, Yuk mulai sekarang kita aja anak bermain bersama ataupun biarkan anak bersosialisasi dengan oranglain agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, ia juga bisa bekerja sama dalam berbagai hal, tentu saja ia bisa menjadi pribadi yang menyenangkan. (Ern)