223 Views

Berikan Contoh Agar Anak Gemar Membaca

membaca

Memberikan contoh langsung budaya baca terhadap anak-anak oleh orang tua merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan minat baca anak. Selama ini banyak orangtua yang hanya menyuruh saja anak-anaknya supaya membaca buku-buku pelajaran, sementara mereka sendiri sibuk bekerja di kantor dan aktivitas-aktivitas lainnya.

Dalam kondisi ini, anak akan merasa membaca hanya sekedar perintah orangtua yang harus dilaksanakan, bukan lagi sesuatu yang menarik atau hal yang menjadi kesukaan. Justru akan menjadi beban yang justru membuat anak-anak merasa susah. Kebanyakan anak-anak yang memiliki minat baca adalah mereka yang mendapatkan contoh yang baik dari orangtuanya.

Di rumah kita bisa menyediakan bacaan untuk anak, mengajak anaknya ke pusat-pusat buku untuk menjadikan buku sebagai barang belanjaan, membudayakan membaca di rumah untuk seluruh anggota keluarga. Sebagai orangtua kita juga memberikan peluang waktu khusus untuk menemani anak-anak ke acara-acara literasi. Dengan demikian, contoh yang baik dari orangtua akan membuat anak-anak merasa membaca sebagai aktivitas menyenangkan.

Mereka akan nyaman dalam membaca dan merasa membaca sebagai sebuah kebutuhan dan hiburan. Jangan paksakan anak-anak untuk membaca buku pelajaran di waktu awal, biarkan mereka memilih bacaan yang mereka suka, meskipun buku cerita. Syaratnya cerita itu mendidik dan tidak merusak moral mereka. (Ern)