97 Views

Bermain Musik Tradisional Gamelan, Seru Banget!

Gamelan
Bermain Gamelan

Suara musik khas Jawa mulai terdengar di telinga, saat murid biMBA Ki Hajar Dewantara diajarkan untuk mempraktikkan secara langsung. Mereka sangat senang karena untuk pertama kalinya bisa memainkan alat tradisional Jawa yang tidak pernah mereka dengar sebelumnya. Mereka juga dikenalkan alat-alat musik apa saja yang di pakai untuk bermain gamelan, mulai dari gong, kendang, bonang, dan demung. Seru banget!

Bermain musik gamelan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan wisata edukasi yang berlokasi di Kampoeng Wisata Cinangneng, Bogor. Sejak pukul 9 pagi murid biMBA berserta dengan wali murid yang hadir berkumpul sambil mendengarkan arahan dari instruktur. Lucunya mereka diminta memanggil para instruktur itu dengan panggilan adat Sunda, yakni Mamang dan Teteh. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat, 14 Juli 2017.

Sampai di pendopo murid biMBA berkumpul dan diperkenalkan musik angklung. Saat dibagikan alat musiknya kepada setiap murid, mereka antusias sekali dan memainkan lagu Burung Kakak Tua bersama-sama menggunakan angklung tersebut. Setelah mendapat arahan dari Mamang mereka mengikuti dengan menggerakkan tangan kanan mereka sehingga menghasilkan suara yang indah, kemudian mereka menyanyikannya bersama-sama.

Tidak hanya itu, murid biMBA juga menunjukkan kemampuannya dalam membaca. Walaupun kegiatan wisata edukasi tetapi biMBA Ki Hajar Dewantara tetap menyelipkan pentas baca pada kegiatan tersebut, mereka membaca dengan lantang, diiringi oleh tepuk tangan yang meriah dari seluruh tamu undangan yang hadir.

Saat mengikuti kegiatan murid harus berjalan kaki untuk mengikuti seluruh kegiatan, tetapi tidak ada kata lelah, sebab mereka sangat senang bermain dengan alam. Apalagi mereka tidak hanya diajak untuk bermain musik gamelan, tetapi juga menari tarian gindang, membuat masakan dan minuman tradisional, melukis topi caping, membuat wayang dari batang daun singkong dan tentu saja mereka rela berkotor-kotor di sawah untuk menanam padi serta memandikan kerbau. (Ern)

Pentas Baca
Pentas Baca
Melukis Topi Caping
Menanam Padi
Berfoto Bersama