413 Views

Bermain Sambil Belajar Membaca

Seperti apakah Bermain Sambil Belajar Membaca?

Dunia anak adalah bermain. Apapun yang berkaitan dengan kegiatan bermain yang menyenangkan pasti akan disambut antusias oleh mereka. Kegemaran anak dalam bermain inilah yang harus kita optimalkan untuk sekaligus dapat belajar. Dalam upaya untuk membantu anak agar timbul minat membacanya maka setiap ada kesempatan buatlah kegiatan bermain dirumah yang menyenangkan. Ajaklah anak untuk melakukan aktivitas bermain yang dapat menstimulasi minat baca mereka. Jadi anak tetap merasa gembira sebagaimana kehidupan anak pada umumnya, namun proses pembelajaran dan stimulasi minat baca tetap dapat berjalan dengan baik.

Beberapa metode yang dapat dilakukan oleh orang tua di rumah untuk membantu anaknya belajar membaca di rumah adalah sebagai berikut :

Membaca dengan keras, melagukan dan bercerita sebelum tidur

b11

Untuk bermain ini, alat permainan yang dibutuhkan tentunya buku. Kita dapat membeli buku di toko buku atau membuat buku sendiri yang sudah dikreasikan bersama anak. Misalnya mengambil gambar dari majalah, digunting dan ditempel di kertas karton. Atau dapat juga menggambar bersama anak sesuai gambar yang mereka inginkan, diwarnai dan Kemudian dijilid seperti bentuk buku.

Membacakan buku ke anak sebaiknya dengan suara yang jelas, nyaman dan tidak terlalu pelan, tetapi juga tidak membentak. Yang penting anak mudah mengerti isi cerita tesebut. Lakukan dengan suasana riang gembira dan di saat santai. Bila anak sedang lelah jangan memaksanya karena justru akan membebani mereka.

Saat yang paling baik untuk membacakan buku ke anak ketika menjelang tidur. Saat ini gelombang otak berada pada posisi alfa, sehingga anak dalam kondisi terhipnosis. Pada kondisi ini, isi cerita yang sudah dibacakan akan mempengaruhi alam bawah sadarnya. Jadi sangatlah tepat bila membacakan cerita-cerita positif yang akan mempengaruhi pikiran dan perilaku baik pada anak pada kondisi seperti ini.

Permainan membaca juga dapat kita lakukan pada bayi yang berusia dibawah 3 bulan. Mungkin saja ketika kita membacakan seperti kurang mendapat perhatian dari bayi dan terkesan kita hanya membaca sendiri. Tetapi yang harus diingat, bahwa walaupun terkesan seperti yang tidak memperhatikan, bayipun juga mendengar apa yang kita bacakan. Jadi tetaplah konsisten untuk terus membacakan buku setiap hari sambil bermain dengan mereka. Kebiasaan ini akan menimbulkan kesan tersendiri bagi anak, bahwa orang tuanya gemar membaca, sehingga anak akan melihat dan meniru apa yang orangtuanya lakukan.

Poster huruf dan gambar

Buatlah permainan menempel segala sesuatu yang ada hubungannya dengan aktivitas membaca, menulis dan berhitung. Poster tersebut dapat kita tempel pada dinding kamar atau ruang bermain anak. Dengan menempelkan huruf, angka, gambar, kalimat, hitungan dan cerita di dinding anak menjadi tertarik untuk melihat, mengamati, dan memegang sehingga rasa ingin tahu untuk mempelajarinya akan timbul.

Poster huruf juga dapat kita tempel pada benda-benda yang ada di rumah, misalnya di kulkas dapat kita tempel tulisan ‘kulkas’, di lemari kita tempel tulisan ‘lemari’ , demikian pula pada barang-barang lainnya. Dengan demikian anak bisa bermain sekaligus belajar membaca dengan suasana yang menyenangkan. Poster huruf dan gambar tersebut dapat dibeli di toko buku atau membuatnya sendiri. Libatkan anak ketika membuatnya sehingga ini akan menjadi permainan baru baginya.

Sediakan rak buku bagi anak

b22

Mungkin kita sudah menyiapkan rak buku di rumah bagi anak-anak. Tetapi apakah rak buku tersebut dapat dijangkau oleh anak? Bila terlalu tinggi untuk mereka, mari saatnya kita mendesign ulang rak buku yang dapat terjangkau oleh anak. Ajaklah anak untuk bermain sambil menata buku-bukunya sendiri. Suasana riang gembira dapat membuat anak nyaman, sehingga perlahan akan timbul rasa kecintaan mereka terhadap buku.

Mendongeng dengan alat peraga 

Sambil bermain dengan anak, kita bisa berdongeng dengan menggunakan berbagai alat peraga yang ada di rumah. Misalnya dengan mainan masak-masakan, dokter-dokteran, robot-robotan dan mobil-mobilan milik anak. Libatkan anak menjadi peran dari cerita yang kita dongengkan tersebut. Apalagi kalau ceritanya berkaitan dengan hobi atau kesukaan si anak. Ini akan membuat anak terkesan, membuat mereka percaya diri dan tentu saja melatih kemampuan berbahasa, kosakata dan calistung mereka. Jangan lupa selipkan nilai-nilai normatif positif dalam dongeng tersebut.

Puzzle huruf dan angka

b33

Permainan lain yang cukup menantang dan menyenangkan anak adalah puzzle. Pilihlah puzzle huruf dan angka agar anak bisa bermain sambil belajar membaca dan berhitung. Kita dapat memancing rasa ingin tahu anak dengan lebih dulu memainkan puzzlenya. Ketika anak melihat kita bermain dan ia menganggapnya menarik, biasanya mereka akan datang sendiri dan bergabung.

Mengenal komputer

Belajar membaca sambil bermain di rumah juga dapat diperkenalkan melalui komputer. Saat ini banyak sekali edugames untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Anak bisa kita belikan CD atau membantu mereka belajar lewat internet. Berbagai website memiliki banyak program menarik bagi anak untuk belajar calistung. Dengan demikian anak dapat bermain dan belajar sekaligus diperkenalkan dengan teknologi komputer. Untuk hal ini sebaiknya orang tua ketat dalam mengawasi dan membimbing anak-anaknya.(Bunda Ranis)

Sumber : Afin Murtie. Mengajari Anak Calistung Dengan Bermain Sejak Dini. Jakarta : Kompas Gramedia. 2013