17 Views

Buat Minat Baca Anak Meningkat dengan Trik ini!

Meningkatkan Minat baca untuk sang buah hati pada dasarnya sangatlah mudah, asalkan semuanya berasal dimulai dari Anda sendiri selaku kedua orangtuanya. Menurut beberapa ahli psikologi anak, di Eropa telah banyak menghadirkan banyak sekali hasil riset terhadap segala tingkah laku anak yang rata-rata mereka semua adalah ”copy-an” dari kedua orangtuanya.

minat baca anak

Jika seorang anak tidak sama dengan orangtuanya, pastinya mereka akan sama dengan lingkungan yang membawanya hidup. Dari pembahasan singkat tersebut, beberapa trik ini mampu membantu Anda untuk bisa meningkatkan Minat baca anak Anda.
1.Orangtua harus sering memperlihatkan kegiatan membaca di depan anak
Banyak orang yang lupa terhadap sebuah pembahasan hal di atas, oleh karena itu trik ini sangatlah jitu jika Anda memang menginginkan sang anak senang membaca. Sering-seringlah Anda melakukan kegiatan membaca di depan anak, dengan demikian secara tidak langsung anak akan merekam segala perbuatan Anda.

Sangatlah lucu ketika Anda membaca tetapi anak malah bermain-main misalkan berlari, atau sibuk dengan kegiatan bermain apa yang dipegangnya. Tetapi sabarlah, hal itu hanya sementara, seringlah lakukan kegiatan membaca tersebut agar anak merekam kegiatan Anda dan membuat mereka terus melihat agar tergerak untuk membaca.

2.Ajaklah anak untuk pergi ke perpustakaan atau taman bacaan tertentu
Langkah kedua adalah ajak anak Anda untuk pergi ke perpustakaan atau taman bacaan tertentu. Hal ini merupakan trik kedua setelah Anda sering untuk memperlihatkan kegiatan baca membaca baik itu di rumah, di mobil, di beberapa tempat, dan lain sebagainya.

Rekaman ini akan terus menerus masuk kedalam alam bawah sadar sang buah hati dan membuat mereka akan semakin penasaran dikarenakan orangtuanya senang dengan membaca. Dengan demikian hal ini akan membuat anak akan terjerumus masuk ke dalam cita-cita yang Anda dambakan yaitu meningkatnya Minat baca anak.

3.Sering komunikasi dengan anak terhadap apa yang dibacanya
Langkah ketiga adalah buatlah sebuah komunikasi dan dialog kecil terhadap apa yang Anda baca dan juga apa yang anak baca. Setelah membuat sebuah komunikasi yang baik, buatlah banyak pertanyaan ataupun buat anak semakin penasaran terhadap bacaan yang telah ia baca. Membuat sebuah pertanyaan atau pembahasan, pastinya Anda haruslah memahami secara mendalam bahasan sang anak.

Jangan pernah untuk malas menambah pengetahuan, karena secara nyatanya manusia sudah diciptakan sangat sempurna untuk mampu menampung segala informasi pengetahuan apapun. Kuncinya adalah tidak malas, tidak mendoktrin sebuah materi bagus atau tidaknya, dan dibaca tanpa ada beban.

4.Buat sebuah wacana kecil untuk mengaplikasikan apa yang telah Anda baca
Membuat sebuah “karya” alias aplikasi apa yang telah Anda baca, merupakan salah satu trik untuk menarik Minat baca sang anak. Mengapa demikian? Karena anak akan melihat Anda selaku orangtuanya pandai dalam membuat sesuatu, ketika anak penasaran dan senang terhadap karya yang telah Anda buat, disitulah Anda bisa memberikan masukkan tentang manfaat dari membaca.

Secara tidak langsung, hal itu akan membuat sebuah dampak positif anak di masa depannya untuk pandai dan senang dalam membaca apapun yang ia mau. Demikian uraian singkat di atas, semoga dengan materi tersebut dapat membantu Anda menambah wawasan dan juga referensi tambahan guna meningkatkan Minat baca untuk sang buah hati tercinta demi masa depannya yang cemerlang. (CW/Ern)