14 Views

Cara Belajar Berdasarkan Tipe Anak

Karakter masing-masing anak berbeda-beda, begitu pula dengan cara belajar anak juga harus dibedakan. Ada yang lebih senang belajar sendiri, belajar berkelompok, belajar dengan melihat, mendengar atau mengerjakan sesuatu agar sesuatu yang ia pelajari dapat diingat dan dipahami dengan baik. Lalu tahukah Ayah bunda tipe anak? Yuk kita simak!

tipe anak

Pertama adalah tipe anak visual atau pengamat, anak akan lebih memahami melalui apa yang mereka lihat, ciri-ciri dari anak tersebut biasanya rapi, teratur, memperhatikan segala sesuatu, berbicara dengan cepat, anak lebih mengingat apa yang dia lihat daripada apa yang di dengar, ia juga lebih suka membaca daripada dibacakan, sering menjawab pertanyaan dengan singkat dan biasanya tidak terganggu dengan keributan.

Kedua adalah anak dengan tipe auditori, yakni anak akan lebih memahami sesuatu melalui apa yang mereka dengar, anak senang mengakses segala jenis bunyi, musik irama. Ciri-ciri anak auditori adalah, suka berbicara kepada diri sendiri saat belajar, perhatiannya mudah terpecah, senang membaca dengan keras dan mendengarkan cerita, merasa kesulitan untuk menulis dan lebih suka berbicara.

Ketiga adalah anak dengan tipe kinestetik, yaitu anak yang belajar melalui gerak, emosi dan sentuhan. Ciri-cirinya adalah anak menyentuh orang untuk mendapat perhatian saat berbicara, selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak, menghafal dengan cara berjalan dan melihat, menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca, tidak bisa dia untuk waktu yang lama dan kemungkinan memiliki tulisan yang kurang bagus.

Dari tiga tipe ini manakah yang termasuk anak Ayah bunda? Yuk kita belajar dan bermain bersama anak sesuai dengan tipe anak, agar anak lebih memahami apa yang diajarkan. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache