36 Views

Cara Meningkatkan Minat Baca Anak

Sebenarnya banyak sekali cara meningkatkan Minat baca anak Anda, asalkan dari awal Anda harus menghilangkan rasa ketidaksabarannya dalam mendidik sang buah hati, kemudian terus melakukan sebuah inovasi kreatifitas dalam otak Anda.

Minat Baca Anak

Tidak perlu takut untuk tidak disukai oleh anak karena mereka itu adalah anak Anda sendiri yang dihasilkan dari sebuah perpaduan genetika antara ibu dan bapaknya sehingga segala informasi pengetahuannya sudah masuk dan berkombinasi dalam satu susunan DNAnya. Segala yang Anda lakukan pastinya akan disukai oleh anak sendiri, asalkan niat dan tekad Anda untuk mengajak sang buah hati benar-benar tulus dan penuh kasih sayang.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan Minat anak terhadap bacaan, semoga dapat bermanfaat:

Buat sekeliling rumah Anda memiliki banyak buku bacaan

Cara ini banyak sekali dilakukan oleh masyarakat Eropa bagian timur, mereka jarang sekali mengajak anak secara paksa untuk membaca. Tetapi, mereka menggunakan cara ini karena secara tidak langsung meningkatkan Minat anak untuk membaca. Hal ini sangat dibenarkan oleh para ahli psikologi, karena cara ini merupakan metode yang disebut sebagai “sublimasi”, secara perlahan di setiap harinya tentunya anak akan melihat terus buku setiap kali berjalan di sekitaran rumah.

Dengan demikian, mereka akan mendapatkan sebuah imajinasi serta rasa penasaran yang pada akhirnya mau tidak mau untuk bisa mengaplikasikan penasarannya, mereka akhirnya membaca dan bahkan lebih rajin dari orang yang sering membaca.

Lakukan sebuah komunikasi dari hasil bacaan

Cara kedua adalah sering melakukan komunikasi dan dialog yang menarik dari kedua orangtuanya. Hal ini dilakukan oleh orang-orang Jepang guna mengajak anaknya untuk senang membaca, apalagi di negara Jepang buku bacaan sangatlah banyak dan memiliki beragam karakter bacaan, baik itu bacaan biasa hingga kepada bacaan bergambar.

Dengan sebuah komunikasi tersebut, pada akhirnya sang anak penasaran dan ikut tertarik dengan dialog Anda selaku orangtua. Disitulah Anda mampu untuk mengajak anak membaca dan ikut berdialog menarik bersama kedua orangtuanya.

Praktikkan hasil bacaan yang Anda baca ke dalam sebuah aplikasi

Cara ketiga adalah mempraktikkan hasil dari bacaan yang Anda baca kedalam sebuah aplikasi alias praktik kehidupan. Misal, Anda membaca sebuah resep masakan, lalu praktikkan kemudian buatlah masakan tersebut sehingga bisa dirasakan oleh anak. Ketika itulah kesempatan Anda untuk memasukkan pemahaman bahwa manfaat dari membaca mampu membuat sekeliling Anda menjadi bermanfaat.

Anak memiliki kemampuan untuk menyerap banyak sekali ilmu pengetahuan. Tetapi perlu Anda ketahui pula, bahwa anak memiliki ciri khas dan karakteristik yang belum tentu dimiliki anak lainnya, karena pada dasarnya setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan jika dipersatukan akan menghasilkan sebuah kombinasi yang baik.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan Minat baca anak perlu pembiasaan dan praktik dari kedua orangtuanya dahulu agar anak mudah untuk menirunya. Kemudian, jangan paksakan anak untuk membaca apa yang tidak disukainya, mulailah dengan apa yang ia sukai. Dengan bermulakan hal tersebut, maka secara otomatis Anda telah memasuki dunia anak, sehingga untuk mengarahkan anak kepada hal yang lebih baik akan sangat mudah.

Demikian ulasan singkat di atas mengenai cara meningkatkan Minat baca sang buah hati Anda guna bermanfaat untuk masa depannya dan wawasannya yang akan berdampak baik ketika dewasa nanti. Semoga ulasan tersebut dapat membantu Anda selaku orangtua yang peduli terhadap Minat baca anak. (CW/Ern)

.