29 Views

Cara Tingkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Meningkatkan Minat baca pada anak merupakan salah satu hal yang harus dilakukan, khususnya bagi para orangtua. Membaca dapat meningkatkan kinerja otak secara maksimal dan menjadikan anak lebih mudah untuk dibimbing, tentu saja anak yang suka membaca buku pasti menjadi kebahagiaan untuk orangtua.

Majalah adalah Media untuk Meningkatkan Minat Baca Anak

Akan terasa lebih mudah ketika mengajari suatu hal ketika seorang anak saat memiliki Minat baca. Beberapa cara dapat digunakan untuk meningkatkan Minat baca tidaklah harus melakukan suatu usaha yang menguras tenaga yang banyak tentunya. Tetapi sebelumnya ketahui terlebih dahulu kesukaan dan keinginan anak, dekati anak dengan cara itu.

Pada dasarnya Minat baca yang ada dan timbul pada anak akan bertumbuh secara bersamaan sesuai dengan perkembangan mental dari anak itu sendiri. Pada aspek pelajaran misalnya, ketika seorang anak memang siap untuk menghadapi sebuah pelajaran, tentu nantinya sebuah buku pelajaran yang ada akan dibaca. Intinya buat anak siap terlebih dahulu.

Budaya membaca yang ada di lingkungan sekitar juga dapat mempengaruhi seorang anak dalam membaca. Anak akan melihat orang di sekitarnya rajin membaca dan menjadi ingin mengikuti sebuah kebiasaan yang dilakukan tersebut. Bagaimana seorang anak pada akhirnya memiliki Minat dalam membaca juga dapat ditentukan dengan emosi yang dimiliki oleh seorang anak. Maka dari itu proses membaca harus menyenangkan agar anak memiliki emosi positif dengan membaca.

Cara Meningkatkan Minat Baca Anak
Beberapa cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan Minat baca pada anak adalah sebagai berikut :
1. Membacakan Buku
Ketika dibacakan sebuah buku, pastinya anak akan mendengarkan dengan baik sebuah cerita yang sedang dibacakan oleh orang tua nantinya. Membangun suasana yang tenang dan lebih memiliki ruang pribadi dengan anak dapat dilakukan. Hal ini tentu akan menjadikan informasi yang diberikan akan jauh lebih baik. Ketika sudah semakin besar nantinya, kebiasaan membaca menjadi hal akan sering dilakukan oleh anak.
2. Bercerita
Mulailah untuk menceritakan hal yang telah dialami oleh anak karena pada dasarnya anak akan memiliki cara untuk menceritakan sebuah cerita dan akan menggabungkan sebuah peristiwa yang ada menjadi satu bagian seperti sebuah cerita. Hal tersebut bisa mengingatkan seorang anak tentang buku yang sudah pernah dibacanya dan akan mencari buku lainnya ataupun juga membaca buku yang sama secara berulang. Tentu bukan hal yang mudah untuk memancing seorang anak bercerita. Cara kreatif untuk memancing seorang anak bercerita seperti memberikan kesempatan untuk bergantian dalam bercerita.
3. Komunikasi
Komunikasi yang baik dengan anak menjadi satu hal yang penting dan perlu diperhatikan karena dengan komunikasi anak menjadi lebih nyaman ketika akan mengungkapkan sesuatu.
4. Kenalkan Buku
Kenalkan buku sejak dini bisa dengan cara mengajak anak ke sebuah toko buku ataupun perpustakaan. Dengan hal ini anak dapat memilih mana buku yang disukainya, tetapi harus dilihat kembali, karena isi dari sebuah buku yang dibaca nantinya tentu harus bermanfaat dan tidak mengajarkan hal yang dapat ditiru oleh anak dan menjadikan sifat yang buruk pada anak. (CW/Ern)