82 Views

Ciri-ciri Anak Tidak Memiliki Minat

Ayah bunda, saat anak memiliki Minat yang besar terhadap suatu hal meskipun tidak didukung oleh bakat, maka anak akan terus belajar agar bisa sukses di bidang yang tekuninya. Namun bila anak hanya memiliki bakat tetapi tidak memiliki Minat, maka bakat tersebut tidak akan pernah membuatnya puas karena anak tidak suka menjalaninya.

minat
[sumber gambar : www.parenting.co.id]
Anak yang tidak Minat terhadap sesuatu bisa dilihat dari ciri-ciri yang ditunjukkan. Apa saja ciri-cirinya? Yuk kita simak.
1. Anak banyak memiliki alasan
Saat anak akan menjalani tugas yang tidak disukainya anak memiliki seribu satu alasan untuk menghindarinya. Meskipun secara umum anak memiliki bakat dibidang tersebut, orangtua sebaiknya mencari cara agar anak bisa menyukai bidang tersebut tanpa harus memaksa anak atau kita dukung hal yang disukai anak.
2. Memiliki hasil yang tidak membaik
Meskipun orangtua telah melakukan berbagai cara agar anak fokus di bidang tertentu dan ternyata anak tidak memiliki kemajuan dalam hasil belajarnya, kemungkinan anak tidak memiliki Minat.
3. Tertekan dan stres
Anak terlihat tertekan dalam melakukan bidang yang tidak disukainya. Terkadang anak malah marah saat ditanya mengenai hal tersebut. Ia juga tidak menikmati proses belajarnya karena hanya untuk memenuhi keinginan orangtuanya bukan keinginan dari dalam dirinya sendiri.
4. Sakit
Gejala paling parah adalah munculnya rasa sakit pada organ tertentu karena masalah psikologis. Misalnya saat mau les anak merasa mual, sakit perut, pusing dan lain sebagainya. Sebagai orangtua kita harus memastikan apa penyebab anak mengalami gejala ini, bila anak tidak memiliki minat, kita tidak perlu membuat anak terlibat di bidang tertentu. Namun carilah hal-hal yang disukai anak dan alihkan ke bidang tertentu yang diminati anak. (Ern)