217 Views

Ciri-ciri Anak yang Memiliki Minat

Minat adalah kecenderungan hati seseorang dalam melakukan sesuatu, Minat adalah sifat yang relatif menetap pada diri seseorang yang berpengaruh pada kehidupannya di masa yang akan datang. Tahukah Ayah bunda, anak yang memiliki Minat akan melakukan sesuatu yang disukainya, sebaliknya anak yang tidak memiliki Minat terhadap sesuatu maka akan melakukan suatu hal setengah-setengah karena tidak suka dengan apa yang sedang dilakukan.

Ciri-ciri Anak yang Memiliki Minat

Apakah anak yang memiliki minat terhadap sesuatu dapat diketahui? Bagaimana caranya mengetahui anak yang memiliki Minat terhadap sesuatu? Anak mempunyai kecenderungan untuk memperhatikan dan mempelajarinya hal yang disukainya terus menerus, anak juga merasa puas dan bangga dengan sesuatu yang diminati, serta adanya rasa keterikatan pada aktivitas tersebut.

Minat biasanya muncul dari dalam diri sendiri, artinya bukanlah suatu paksaan atau dorongan dari luar. Tugas kita sebagai orang tua adalah memotivasi dan mendukung segala hal yang menjadi minat anak, dengan cara memberikan fasilitas-fasilitas yang berkenaan dengan Minat anak. Semisal anak menyukai menggambar, maka sediakan fasilitas seperti buku gambar, cat air, crayon, dan lain sebagainya.

Ayah bunda, apabila anak fokus terhadap Minatnya dan terus belajar maka suatu saat keinginan anak akan tercapai, selain itu anak akan menjadi ahli dibidang yang digelutinya. Tetapi apabila Minat anak tidak didukung, anak akan menjalani suatu hal dengan setengah hati dan dampaknya menjadi tidak semangat belajar. Yuk kita dukung Minat anak sejak dini agar anak semakin semangat belajar. (Ern)