4.042 Views

Ciri Perpustakaan Sekolah yang Ideal

Sekolah merupakan tempat  anak mendapatkan pelajaran akan banyak hal dan merupakan tempat yang sempurna untuk merangsang dan menumbuhkan Minat baca anak. Oleh karena itu, penting sekali bagi sekolah untuk memiliki perpustakaan. Namun ternyata, membangun perpustakaan sekolah bukan hal yang mudah.

perpustakaan sekolah

Terdapat beberapa aspek yang harus dipatuhi agar sebuah perpustakaan sekolah menjadi tempat yang nyaman bagi siswanya dalam membaca banyak buku. Lalu, seperti apakah ciri perpustakaan sekolah yang ideal yang mampu untuk meningkatkan Minat baca bagi siswanya? Berikut ini ulasannya.
1. Up to Date
Salah satu ciri perpustakaan yang baik dan ideal adalah selalu up to date. Perpustakaan yang up to date selalu memiliki koleksi yang lengkap dan sesuai dengan perkembangan zaman. Koleksi yang dimiliki perpustakaan yang inipun bermacam-macam, seperti misalnya majalah, koran, buku dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, siswa pun dapat memiliki beragam pilihan buku untuk dibaca sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini tentu sangat dibutuhkan karena jika perpustakaan hanya memiliki koleksi buku yang monoton dan itu-itu saja, maka sudah dapat dipastikan bahwa siswa tidak akan memiliki Minat baca dan cenderung bosan membaca.

2. Harus Rapi
Perpustakaan seolah yang baik dan ideal harus selalu rapi, koleksi buku yang dimiliki pun harus disusun secara rapi serta sistematis. Buku dapat disusun dengan rapi berdasarkan urutan nama dan juga pengarangnya sesuai dengan judul buku dan juga label perpustakaan yang ditempelkan. Hal ini akan membuat siswa atau pengunjung perpustakaan tidak bingung dan secara mudah dapat mencari buku yang sedang mereka butuhkan.

3. Bersih
Selanjutnya, perpustakaan sekolah yang baik harus selalu bersih. Tentu saja siapapun, termasuk siswa sekolah, akan lebih nyaman membaca di tempat yang bersih. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan Minat baca siswa. Usahakan tidak ada debu yang menempel pada buku ataupun raknya. Jika terdapat banyak debu yang menempel pada buku atau rak, pasti siapapun akan malas datang untuk membaca di perpustakaan sekolah bukan?

Selain itu, akan lebih baik jika koleksi buku yang ada diberikan sampul oleh petugas perpustakaan yang ada. Hal ini akan mengurangi kemungkinan cover buku akan menjadi lusuh, rusak atau bahkan sobek. Tampilan buku yang menarik pasti akan menarik banyak orang untuk membuka dan membacanya.

4. Nyaman dan Sejuk
Sebuah perpustakaan sekolah yang ideal haruslah memiliki hawa yang sejuk dan juga nyaman. Ini akan membuat banyak siswa betah berlama-lama membaca buku dan belajar di perpustakaan sehingga Minat baca merea akan meningkat. Oleh karena itulah, sebaiknya perpustakaan sekolah dilengkapi dengan kipas angin atau bahkan pendingin udara. Jika perpustakaan sekolah anda belum melengkapinya, maka tidak ada salahnya untuk memberikan masukan dan saran kepada pihak sekolah akan hal ini.

5. Memiliki Fasilitas yang Lengkap
Belajar atau membaca di perpustakaan akan semakin menyenangkan dann nyaman jika perpustakaan sekolah memiliki fasilitas yang lengkap. Contoh fasilitas yang lengkap adalah seperti wifi atau komputer untuk mendukung kebutuhan riset para siswa sekolah tersebut. Ini juga akan membuat siswa mendapatkan referensi bacaan yang lebih luas selain dari koleksi buku yang terdapat di perpustakaan sekolah tersebut. Minat baca dari para siswa pun akan semakin baik dengan adanya fasilitas-fasilitas yang lengkap tersebut. (JPA/Ern)