33 Views

Dampak Hukuman Fisik bagi Anak

Hukuman Fisik
Hukuman Fisik hanya akan membuat anak jadi rewel dan menangis
[parenting.co.id] .
Ayah bunda anak yang suka rewel dan merengek memang bisa membuat kita hilang kesabaran. Tidak jarang kita justru spontan mencubit atau menjewer anak agar ia berhenti menangis. Namun perlu diingat hukuman fisik tidak efektif untuk membuat anak jera, selain menyakiti anak juga dapat menimbulkan trauma. Anak mungkin berhenti menangis saat itu namun hanya karena takut mendengar kemarahan kita dan merasakan sakitnya cubitan atau jeweran.

Bukan hanya itu, tindakan hukuman fisik yang kita lakukan akan membuat anak menerima pesan bahwa ia juga boleh melakukan tindakan yang sama ketika sedang marah. Jadi, jarang heran di saat anak terbiasa dengan hal itu, anak justru bisa nekat balas mencubit atau bahkan memukul orangtuanya sendiri. Anak juga dapat melampiaskan hal tersebut dengan keluarga atau teman-temannya.

Ayah bunda, agar emosi kita tidak mudah terpancing, cobalah untuk merespon kebutuhan anak sebelum anak benar-benar rewel. Cari tahu apakah anak lapar, lelah, tidak enak badan atau penyebab lainnya. Jika sudah terlanjur rewel dan kita ingin marah, menjauhlah sejenak. Namun tetap pastikan buah hati kita berada dalam keadaan aman dan ada oranglain yang menjaganya. Setelah itu temui kembali anak setelah kemarahan kita mulai mereda.

Terkadang anak rewel dan menangis hanya karena ingin mencari perhatian. Anak pada usia dini belum bisa mengekspresikan keinginannya dengan jelas. Oleh karena itu, tinggalkan sejenak kesibukan Ayah bunda dan fokuslah terhadap anak-anak. Apabila kita bersikap tenang dan sabar maka kita akan lebih mudah membaca keinginan anak dan meminimalisir adanya hukuman fisik pada anak. (Ern)

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache